Tuesday, December 6, 2016

Perusahaan ini tak Memperdulikan Gelar Sarjanamu untuk Diterima, tapi Soft Skill yang Terpenting

Kebanyakan orang menempuh pendidikan hingga ke jenjang yang tinggi adalah untuk mendapatkan gelar agar dapat melamar kerja. Karena syarat dalam melamar kerja biasanya harus lulus minimal D3 atau S1.

Oleh karena itu banyak orang yang menghalalkan segara cara untuk bisa memperoleh gelar, baik sarjana, magister, ataupun doktor. Padahal gelar itu semua hanya untuk menentukan di tempat mana kamu cocok bekerja. Jika tak sesuai dengan keahlian, itu akan menjadi masalah.

Untuk kamu yang belum atau tidak memiliki gelar, jangan khawatir. Masih ada perusahaan besar yang tidak mensyaratkan pendidikan minimal sebagai syarat diterima. Perusahaan ini lebih mengedepankan soft skill yang kamu miliki. Penasaran dimana saja?

Inilah perusahaan yang tidak memperdulikan gelar sarjana, tapi soft skill yang terpenting:
  1. Google

    Google / Gambar via electronics.howstuffworks.com
    Kalau kamu mendaftar di Google, kamu tidak akan mendapatkan pertanyaan yang standar saat wawancara. Google lebih mengutamakan menerima calon karyawan yang memiliki jiwa kepemimpinan baik, pandai dan cepat mengatasi masalah, serta rendah hati.
  2. Ernst and Young

    Ernst and Young merupakan perusahaan firma akuntansi ternama, dimana perusahaan ini mencabut gelar sarjana dari persyaratan perekrutan. Ernst and Young menyimpulkan bahwa kesuksesan di bangku perkuliahan tidak sama dengan kesuksesan seseorang di masa depan.
    Ernst and Young / Gambar via uncerconsideration.com
    Selain itu, promosi jabatan di Ernst and Young terkenal cepat, fleksibel, serta memiliki kompensasi yang kompetitif.
  3. Penguin Random House

    Tak selalu mereka yang bergelar sarjana memiliki kreatifitas yang tinggi dibandingkan mereka yang tidak bergelar sarjana. Hal ini dibuktikan oleh Penguin Random House, sebuah perusahaan penerbitan buku.
    Penguin Random House / Gambar via officesnapshots.com
    Penguin Random House tidak mementingkan gelar dalam merekrut karyawan, mereka lebih mengutamakan potensimu untuk berkembang, kreativitas yang kamu miliki, dan ide brilian yang dapat kamu berikan pada perusahaan.
  4. Apple

    Apple / Gambar via glassdoor.com
    Perusahaan smartphone terkemuka dunia, Apple, juga tidak mengharuskan sarjana yang mendaftar di perusahaannya. Jika kamu belum sarjana, maka kamu akan ditempatkan di bagian retail. Apple akan menggajimu $12 per jam, tapi jika kinerjamu bagus kamu dapat mengumpulkan $42.000 pertahun!
  5. PricewaterhouseCooper

    PricewaterhouseCooper / Gambar via fatherly.com
    PricewaterhouseCooper atau biasa disebut PwC juga merupakan perusahaan firma akuntansi. Meskipun kamu tidak memiliki gelar, tapi jika kamu berbakat maka PwC akan menerima dan mempertahankanmu.
Jadi, jangan minder jika tidak memiliki gelar karena masih ada perusahaan-perusahaan terkenal yang menghargai soft skill daripada hanya gelar.
Perusahaan ini tak Memperdulikan Gelar Sarjanamu untuk Diterima, tapi Soft Skill yang Terpenting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top