Monday, December 12, 2016

Saling Pandang dapat Menularkan Mata Merah?

Kamu sering menjumpai matamu berwarna merah? Mata merah memang penyakit mata yang paling sering dialami. Mata merah disebut juga dengan konjungtivis yang merupakan kemerahan pada mata karena pembengkakan sebuah konjungtiva. Konjungtiva adalah selaput lendir yang melapisi kelopak mata dan melapisi permukaan mata.

Jika terjadi iritasi atau infeksi, maka lapisan ini akan berubah menjadi merah dan dapat terjadi pembengkakan. Namun jangan khawatir, karena penyakit mata ini tidak terlalu serius dan akan hilang dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari tanpa perawatan medis.
Mata merah / Gambar via phxdryeye.com 
Ada banyak hal yang menyebabkan penyakit mata merah, seperti infeksi oleh virus atau bakteri. Selain itu juga dapat disebabkan karena mata kering apabila kekurangan air mata, serta dapat terjadi karena paparan sinar matahari. Dan virus serta bakteri konjungtivis ini sangat mudah menular.

Apakah mata merah dapat menular melalui pandangan?

Mengenai hal ini, banyak orang meyakini bahwa mata merah dapat menular melalui pandangan. Hal ini didasarkan pada virus dan bakteri yang dapat menular melalui udara.

Shugarman, seorang dokter mata mengatakan bahwa virus tidak berjalan atau menular melalui cahaya maupun udara dari satu orang ke orang lain. Tapi, jika orang yang mengidap konjungtivis melakukan kontak langsung dengan orang yang tidak mengidap penyakit tersebut, besar kemungkinan akan menular.

Contoh penularannya adalah melalui gagang pintu. Misalnya seorang yang mengidap konjungtivis menggosok matanya dengan tangan, lalu memegang gagang pintu yang kemudian gagang pintu itu dipegang oleh orang lain, maka yang tidak mengidap konjungtivis dapat tertular.

Jadi, konjungtivis tidak dapat menular dengan tatapan mata ya.
Saling Pandang dapat Menularkan Mata Merah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top