Saturday, December 10, 2016

Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop, Kamu Harus Tahu ini!

RAM merupakan media penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang dijalankan. Jika kita menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, atau menjalankan aplikasi yang berat, maka kapasitas RAM bisa menjadi penuh dan inilah yang menyebabkan laptop menjadi lemot.

Biasanya, RAM bawaan memiliki kapasitas standar dan cenderung kecil. Hal ini membuat kita berpikir untuk menambah kapasitas RAM apabila terdapat dua slot RAM di laptop, atau menggantinya dengan RAM yang berkapasitas lebih banyak. Tapi, sebelum kamu mengganti atau menambah RAM, kamu harus mengetahui hal penting mengenainya.
RAM laptop / Gambar via laptopmag.com
Inilah hal yang harus kemau ketahui sebelum mengganti atau menambah RAM:
  1. Perhatikan Ketersediaan Slot

    Sebelum memutuskan mengganti atau menambah RAM, lihat dulu berapa jumlah slot RAM yang ada di laptop. Kalau kamu tidak mau repot membuka laptop, kamu bisa mencari spesifikasi laptop milikmu.

    Jika ada satu slot, maka sebaiknya ganti RAM dengan kapasitas lebih besar. Dan jika ada dua slot, kamu harus menambahkan RAM lagi dengan spesifikasi yang sama agar dapat terbaca.
  2. Perhatikan Dukungan Prosesor

    Selain itu, perhatikan sistem operasi yang digunakan dan perhatikan juga prosesor yang digunakan. Kamu tidak bisa sembarangan menambahkan RAM, tapi juga harus mengetahui kapasitas memori dari prosesor.

    Selain cara manual, kamu bisa mengunjungi website yang memberikan fitur jasa scan sistem laptop untuk mengetahui spesifikasi RAM yang cocok.
  3. Perhatikan Sistem Operasi yang Digunakan

    Perhatikan sistem operasi apa yang digunakan oleh laptop sebelum memutuskan untuk mengganti atau menambah. Untuk Windows 7 32 bit, kapasitas RAM maksimal adalah 4gb. Sedangkan untuk versi 64 bit kapasitas RAM maksimal mencapai 192 Gb.
Jadi sebelum memutuskan, perhatikan dulu hal tersebut ya!
Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop, Kamu Harus Tahu ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top