Monday, December 5, 2016

Sedang Mencari Lowongan Kerja? Ikuti Tips ini untuk Mengetahui Untung Ruginya!

Melamar kerja adalah salah satu perjuangan yang sulit di dalam hidup. Banyaknya jumlah pelamar dan kompetensi mereka membuatmu harus menjadi orang yang menonjol diantara yang lain.

Ada banyak sekali cara untuk mengikuti lowongan pekerjaan, mulai dari melamar ke perusahaan langsung, mengikuti job fair, dan berbagai cara lainnya. Dari kesemua itu tentu saja ada untung ruginya. Apa saja ya?

Inilah untung rugi melamar lowongan pekerjaan di beberapa sumber:
  1. Melamar Kerja Melalui POS

    Melalui POS / Gambar via tessamunt.org.uk
    Melamar melalui POS masih menjadi favorit para pencari kerja. Cara ini dinilai masif efektif terutama bagi perusahaan Jepang seperti Astra Group, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Toyota, dan lainnya. Mereka sudah memiliki tim rekruitmen sendiri sehingga tidak perlu mencari dari luar.
  2. Melamar Kerja Langsung ke Perusahaan yang Dituju

    Melamar langsung ke perusahaan / Gambar via theguardian.com
    Mendatangi perusahaan langsung untuk menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan termasuk cara yang menantang. Kebanyakan mereka yang menggunakan cara ini merasa kurang efektif, karena kamu memerlukan biaya ekstra untuk melakukannya. Selain itu, seringnya juga kamu sulit mendapatkan respon dari panggilan kerja.
  3. Melamar Kerja Melalui Email

    Sekarang, perusahaan menggunakan cara baru dalam mengirimkan lowongan pekerjaan, yaitu dengan email. Dengan mengirim email dapat menghemat biaya kirim. Kamu juga dapat mengirim ke banyak perusahaan dalam sekali waktu.
    Melamar melalui email / Gambar via weblogs.asp.net
    Tapi yang perlu diingat, teliti kembali ketika kamu mengirim lamaran. Hal ini dikarenakan kesalahan menulis nama perusahaan atau tujuan perusahaan sehingga malah berakibat fatal.
  4. Melamar Kerja Melalui Job Fair

    Melalui job fair / Gambar via businessinsider.com
    Job fair
    juga masih banyak diminati oleh para pelamar kerja. Ada dua jenis job fair, yaitu job fair gratis dan berbayar. Job fair gratis biasanya diselenggarakan oleh pemerintah seperti disnaker, namun sayangnya job fair ini terlalu ramai pengunjungnya. Jika berbayar, biasanya dilakukan oleh pihak swasta dan tidak terlalu banyak pengunjung.

    Hati-hati saja ketika melamar pekerjaan pada job fair. Terkadang ada juga perusahaan abal-abal yang memanfaatkan job fair untuk hal yang kurang baik. Terutama bagi mereka yang mencari lulusan SMA.
Kamu bisa menyesuaikan ingin mencari pekerjaan dengan cara seperti apa. Dan perlu diingat untuk memilih sesuai dengan kemampuan dan prioritasmu.
Sedang Mencari Lowongan Kerja? Ikuti Tips ini untuk Mengetahui Untung Ruginya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top