Sunday, December 11, 2016

Selalu Ingat Kematian, Inilah Hikmah yang akan Didapat

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti akan menemui kematiannya. Kaya, miskin, tua, muda, laki-laki, perempuan, dari belahan dunia manapun, pasti setiap orang akan menemui ajalnya. Namun, waktu yang ditetapkan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Setiap hari yang kita lewati mendekatkan kita pada kematian dan menjauhkan kita dari dunia. Oleh karena itu, jangalah kita terlalu mengejar dunia hingga lupa akhirat, justru kejarlah akhirat maka dunia akan mengikutimu.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al 'Ankabut ayat 57, "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan."
Ilustrasi / Gambar via lockerdome.com
Kematian itu tidak pasti, tidak hanya orang yang sudah tua saja yang akan mati, tapi pemuda-pemudi bahkan anak-anak juga dapat meninggalkan dunia ini sebelum mencapai usia tua. Hanya Allah Ta'ala yang mengetahuinya dan jika telah datang waktunya, tidak dapat kita mengelak barang sedetik pun.

"Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Munaafiquun : 11)

Dalam hal ini, ada faedah dari kita mengingat kematian, diantaranya:

  1. Menyiapkan diri untuk menghadapi kematian.
  2. Menjauhkan diri dari cinta dunia dan menguatkan diri untuk cinta pada akhirat serta berbuat ta'at.
  3. Menghilangkan angan-angan untuk tinggal di dunia lebih lama serta menghilangkan sifat tamak dan rakus pada nikmat duniawi.
  4. Mendorong untuk bertaubat dan muhasabah kesalahan masa lalu.
  5. Meringankan seorang hamba dalam menghadapi ujian dunia.
  6. Melembutkan hati, membuat mata menangis, memberi semangat untuk mendalami agama.
  7. Mendorong sikap rendah hati, tidak sombong, toleransi, serta memaafkan dan menerima kesalahan orang lain.
Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an Surat Al Jumu'ah ayat 8, "Katakanlah: Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."

Manusia hidup di dunia ini seorang diri dan mati pun akan seorang diri. Tak ada yang menemani kecuali amal perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia.
Selalu Ingat Kematian, Inilah Hikmah yang akan Didapat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top