Monday, December 12, 2016

Selesai Olahraga, Baiknya Mandi Air Panas atau Air Dingin?

Setiap orang penting untuk melakukan olahraga. Olahraga tak harus yang berat dan melelahkan, kita bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat, lalu lama-kelamaan kita akan mampu untuk melakukan olahraga berat.

Setelah olahraga, tentu tubuh kita akan berkeringat. Keringat ini akan membasahi baju yang kita kenakan dan memicu tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu, kamu diharuskan mandi setelah olahraga.

Banyak orang yang beranggapan mandi setelah olahraga baik menggunakan air panas karena dapat membuat tubuh rileks. Tapi tak sedikit juga anggapan baik menggunakan air dingin karena akan membuat tubuh lebih segar.
Air panas atau air dingin? / Gambar via diy.com 

Manakah yang lebih baik, mandi air panas atau air dingin setelah olahraga?

Penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Applied Physiology, mengemukakan bahwa mandi dengan menggunakan air panas dan dingin secara bergantian setelah olahraga dapat mengurangi pegal-pegal usai olahraga, daripada hanya menggunakan air dingin atau air panas saja. Jadi, setelah mandi dengan air panas, kamu dapat langsung mandi dengan air dingin.

Namun, jika di rumah atau tempat kebugaran tidak ada fasilitas air panas dan dingin, jangan khawatir. Pasalnya, kamu dapat menggunakan air dingin saja, karena air dingin lebih ampuh dan mujarab untuk dapat mempercepat pemulihan otot-otot daripada mandi dengan air panas.

Yang terpenting, jangan lupa mandi setelah olahraga karena selain membuat tubuh bersih juga dapat membuat otot kita pulih usai olahraga.
Selesai Olahraga, Baiknya Mandi Air Panas atau Air Dingin? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top