Monday, December 26, 2016

Ssstt! Inilah Kode Rahasia Anak Motor saat Touring!

Motor adalah alat transportasi yang sudah sangat lazim di Indonesia. Bahkan, setiap rumah kini minimal ada satu motor. Motor bukan lagi barang mewah, karena kini sudah banyak kemudahan untuk semua orang dapat membeli motor.

Selain itu, di Indonesia juga banyak kelompok-kelompok penggemar motor tertentu, seperti penggemar Vespa, motor gede atau Moge, penggemar motor 2 tak, dan banyak lainnya. Biasanya, mereka akan melakukan touring keliling daerah, kota, atau pulau.

Terdengar sulit karena mereka harus berkomunikasi dari ujung depan hingga belakang. Dan mereka pun biasanya tidak menggunakan walkie talkie untuk berkomunikasi, tapi menggunakan isyarat tangan. Dengan isyarat tangan ini, sang pemimpin yang ada di depan dapat memberikan komando di belakangnya. Penasaran kode-kode rahasianya?
Touring anak motor / Gambar via roadrunner.travel
Inilah kode rahasian anak motor saat touring:
  1. Jika ada yang Mau Mampir Isi Bensin

    Jangan paksakan motor melaju jika bahan bakar sudah harus diisi. Beri kode dengan cara jari telunjuk menunjuk ke arah tangki sepeda motor. Kode itu berarti ISI BBM.
  2. Hati-hati Jalan Rawan Bahaya

    Tetaplah berhati-hati dengan jalanan yang rawan bahaya. Pada sebelah kanan, kaki kanan lurus ke bawah, pada sebelah kiri tangan kiri lurus ke bawah. Itu menandakan jalan rawan bahaya, kode tersebut dipakai ketika jalan berlubang, berpasir, atau ketika melihat ada rambu yang menyatakan untuk berhati-hati.
  3. Ikuti Arah yang Memimpin

    Jika sang pemimpin memberikan kode dengan tangan lurus ke atas tepat di atas bahu, telapak tangan membuka menghadap ke depan, artinya rombongan harus mengikuti pemimpin karena pemimpin paling tahu kawasan tersebut.
  4. Berhenti Sambil Istirahat

    Agar tidak kelelahan, rombongan juga memerlukan istirahat untuk buang air, makan, ngopi agar tidak mengantuk, serta menjalankan ibadah sholat. Kode yang digunakan adalah dengan mengepalkan jari kecuali ibu jari. Lalu ibu jari diarahkan ke mulut helm, seperti ketika kita memberi kode untuk minum.
  5. Tukar Posisi untuk Memimpin

    Ada kalanya pemimpin lupa jalan, oleh sebab itu pengendara di belakangnya akan dipersilakan untuk menggantikan pemimpin. Biasanya pemimpin akan memberian kode dengan lengan lurus dengan sudut 45 derajat.

    Kemudian telapak tangan ke depan menunjuk dengan jari telunjuk, mengayun dari belakang kedepan, sambil gerakan tangan sebatas di bawah bahu.
Itulah kode-kode anak motor saat melakukan touring. Meskipun rombongan banyak ketika mengendarai motor, jangan lupakan juga tata krama dalam berkendara dan patuhi peraturan lalu lintas.
Ssstt! Inilah Kode Rahasia Anak Motor saat Touring! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top