Tuesday, December 13, 2016

Suara Orang-orang ini Didengar oleh Malaikat

Beberapa orang memiliki suara yang khas, jadi mudah sekali untuk dikenali. Namun, ada juga orang-orang yang tidak memiliki suara khas, tapi juga dikenali oleh orang-orang terdekatnya. Hal ini menunjukkan hubungan keakraban batin yang cukup erat. Tentu kita juga senang apabila suara kita dikenali oleh keluarga dan teman, bahkan mereka hafal dengan suara kita.

Hal ini akan lebih membuat senang apabila suara kita dikenali oleh para penduduk langit, yaitu Malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah Ta'ala yang paling taat. Jika suara kita dikenali oleh Malaikat, ketika berdo'a insyaAllah Malaikat akan ikut meng-Aamiin kan do'a yang kita panjatkan. MasyaAllah.
Ilustrasi berdo'a / Gambar via rotana.net

Suara orang ini dikenali oleh Malaikat

Salah satu orang yang suaranya dikenal oleh para Malaikat adalah Nabi Yunus 'Alaihi Sallam ketika berada dalam perut ikan dan memanjatkan do'a kepada Allah Ta'ala.

Dalam Al Qur'an surat Al Anbiya ayat 87, Allah Ta'ala berfirman, "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim."

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh sahbat Qatadah Radhiyallahu 'Anhu, Malaikat berkata, "Aku mengenali suara ini di langit dan di bumi."

Karena mengenali suara utusan Allah Ta'ala tersebut, Malaikan lalu mendo'akan dan mengaminkan do'a Nabi Yunus 'Alaihis Sallam sehingga Allah Ta'ala menyelamatkan beliau.

Selain Nabi Yunus 'Alaihis Sallam, ada orang yang namanya juga didengar oleh Malaikat, tapi Malaikat enggan mengaminkan do'anya, dia adalah Fir'aun.

Ketika Fir'aun yang sombong itu akan tenggelam di Laut merah, ia kemudian berdo'a, "Aku hanya beriman kepada Tuhannya Bani Israil. Sungguh aku termasuk orang yang berserah diri (muslim)." (QS Yunus 90)

Diriwayatkan oleh Imam Abu Bakar Al Thurthusyu Al Andalusi dari Sahabat Qatadah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata, "Suara ini diingkari oleh penduduk langit."

Malaikat mengenali suara Fir'aun ini, namun Malaikat enggan mendo'akan dan mengaminkan do'anya. Bahkan, para Malaikat menganggap do'a orang sombong ini tidaklah penting. Alhasil Fir'aun mati dalam keadaan kufur dan namanya abadi dalam barisan orang sombong.

Lantas, apakah suara kita didengar oleh Malaikat? Jika iya, apakah kita dalam kategori orang yang di-Aamiinkan do'anya atau tidak? Wallahu a'lam bishawwab.
Suara Orang-orang ini Didengar oleh Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top