Monday, December 26, 2016

Suka Es Krim? Buat Es Krim mu Sendiri dengan Cara Mudah ini tanpa Menggunakan Alat Khusus!

Es krim adalah makanan penutup dingin yang sangat enak. Tak hanya anak kecil, orang dewasa hingga orang tua pun menyukai es krim. Es krim kini sudah tersedia dalam berbagai macam rasa, mulai dari rasa buah, susu, hingga rasa aneh dan unik lainnya.

Biasanya, ketika kita ingin menikmati es krim, yang paling praktis adalah dengan membeli. Tapi, jika ingin membuat sendiri tak ada salahnya. Bahkan, jika kita tidak mempunyai peralatannya pun, kita tetap dapat membuat es krim seperti yang biasa kita nikmati. Penasaran bagaimana caranya?
Es krim / Gambar via blog.kitchenaid.ca

Inilah cara membuat es krim di rumah tanpa alat khusus:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan yang akan digunakan. Bahan dasar adalah susu, krim, dan gula, tapi ada bahan tambahan untuk mencegah pembentukan kristal pada adonan yaitu dengan custard khusus dari kuning telur.
  2. Supaya es krim cepat dingin, letakkan adonan di atas mangkuk yang telah diisi bongkahan es. Lalu, aduk hingga berada pada suhu yang ideal.
  3. Agar cepat membeku, tuangkan adonan tersebut ke dalam wadah non plastik yang besar dengan permukaan datar.
  4. Tutup wadah sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit. Setelah membeku, keluarkan dan kikislah bagian pinggirnya dengan spatula dan aduk sisa adonan.
  5. Ulangi proses pengadukan dan pembekuan hingga tekstur menebal, bila perlu gunakan whisk untuk tekstur yang sempurna. Lakukan selama kurang lebih 30 menit.
  6. Setelah es krim mencapai tekstur lembut, tambahkan perasa sesuai selera, seperti sirup stroberi, cokelat, atau perasa makanan lainnya. Lalu masukkan kembali ke lemari pendingin selama satu jam dan es krim siap disajikan.
Selamat mencoba!
Suka Es Krim? Buat Es Krim mu Sendiri dengan Cara Mudah ini tanpa Menggunakan Alat Khusus! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top