Saturday, December 10, 2016

Ternyata Inilah yang Menyebabkan Angin Terasa Dingin

Ketika ada angin menghembuskan udara dengan sepoi-sepoi di tengah panasnya cuaca, tentu akan membuat kita terasa nyaman. Selain mengusir udara panas, angin juga dapat menenangkan pikiran.

Tapi, ada juga angin yang membawa hawa dingin. Awan itu akan membuat udara menjadi dingin seketika ketika berhembus, dan kita yang kebetulan berada di sana akan merasakan sensasi dingin dari angin tersebut.

Berdasarka riset, terbentuknya hujan es di awan adalah karena angin yang mendorong dan mempertemukan awan-awan sehingga memenuhi awan satu dengan yang lainnya oleh arus udara dan disebut dengan pembaruan aliran untuk membentuk awan kumulus. Ketika awan kumulus naik beberapa kilometer, maka akan tampak di langit gunung es.
Angin dingin / Gambar via tylerknott.com
Lalu dengan bantuan angin, titik es tersebut mulai turun ke bumi yang sebagian masih tetap di atas awan dan sebagian telah meleleh sebelum mencapai tanah. Para ilmuwan beranggapan bahwa awan kumulus inilah satu-satunya awan yang menghasilkan dingin dan mengandung aliran listrik.

Proses terbentuknya awan ini dan apa yang terjadi sesuai dengan Al Qur'an.

Dalam Al Qur'an surat An-Nur ayat 43, Allah Ta'ala berfirman, "Tidakkah engkau melihat bahwa Allah mengarak awan kemudian mengumpulkan diantaranya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka engkau melihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah menurunkan es dari langit, dari gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Hampir-hampir saja kilauan kilatnya menghilangkan penglihatan."

Allah menjadikan angin sebagai perantara turunnya hujan. Allah Ta'ala menciptakannya dengan sangat rapi. Hujan diturunkan untuk kepentingan manusia, seluruh manusia di dunia tanpa kecuali.
Ternyata Inilah yang Menyebabkan Angin Terasa Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top