Friday, December 16, 2016

Tips Menghadapi Kejadian yang tak Sesuai Harapan dengan Hati yang Tenang dan Fokus pada Allah Ta'ala

Setiap manusia pasti mempunyai keinginan sendiri-sendiri. Keinginan itu patutnya diperjuangkan dan kita tetap berdo'a serta berserah diri pada Allah Ta'ala.

Namun terkadang, apa yang menjadi keinginan kita tak semua dapat dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Sebagai manusia biasa, yang kita rasakan adalah sedih dan kecewa. Namun kita harus tetap tenang dan menerimanya dengan lapang dada.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah Ta'ala memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS. Asy Syura (42:30)
Ilustrasi kesedihan / gambar via daavlin.com
Inilah tips menghadapi kejadian yang tak sesuai harapan dengan hati yang tenangdan fokus pada Allah Ta'ala:
  1. Semua yang Terjadi adalah Takdir Allah Ta'ala

    Yakinlah bahwa apa yang terjadi adalah takdir Allah Ta'ala. Tak ada yang bisa terjadi tanpa izin-Nya, baik kita suka maupun tidak.

    Allah Ta'ala berfirman, "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS.64.11)
  2. Ridha

    Semua yang Allah Ta'ala tetapkan kepada kita ada baik. Tidak ada yang salah atau meleset, yang terpenting kita harus ridha. Misalnya saja kita tidak diterima di sekolah favorit tapi justru di sekolah yang kurang favorit. Kita harus ridha, siapa tahu di sekolah yang tidak favorit itu justru kita dapat lebih berprestasi.

    "Sesungguhnya jika Allah Ta'ala mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang ridho (terhadap ujian tersebut) maka baginya ridho Allah Ta'ala dan barang siapa yang marah (terhadap ujian tersebut) maka baginya murka-Nya." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  3. Taubat

    Adanya ujian yang diturunkan kepada kita adalah agar kita semakin dekat kepada Allah Ta'ala dan berhenti untuk bergantung pada selain Allah Ta'ala.
  4. Berbaik Sangka

    Semua yang Allah Ta'ala tetapkan adalah untuk kebaikan kita. Semua sudah ada direncanakan-Nya dengan baik, tanpa bisa dicegah, dan tentu hasilnya akan baik.

    "Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah: 216)
  5. Perubahan Diri

    Berubahlah menjadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang tidak berburuk sangka, pribadi yang lebih mendekatkan diri pada Allah Ta'ala dengan melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  6. Intropeksi Diri dan Pasrahkan Semua pada Allah Ta'ala

    Jangan pernah menyalahkan orang lain atas musibah yang menimpa kita. Menyalahkan seperti itu akan masuk dalam jebakan setan.

    "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah Ta'ala memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)." (Asy Syura 42:30)
Janganlah lagi bersedih ketika apa yang kita inginkan tak terjadi sesuai harapan. Ingat bahwa semua itu sudah ditakdirkan oleh Allah Ta'ala dan Allah Ta'ala paling mengetahui mana yang baik bagi hamba-Nya.
Tips Menghadapi Kejadian yang tak Sesuai Harapan dengan Hati yang Tenang dan Fokus pada Allah Ta'ala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top