Wednesday, December 28, 2016

Unik, di Luar Angkasa ternyata ada Pemulung juga loh! Ini Buktinya!

Istilah pemulung tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pekerjaan yang satu ini seringkali dianggap remeh, bahkan di beberapa tempat pemulung tidak boleh memasuki kawasan tersebut. Padahal, pemulung berjasa juga membersihkan sampah-sampah plastik agar tidak tertimbun oleh tanah.

Ternyata, pemulung tidak hanya ada di bumi loh! Di luar angkasa pun ada pemulung. Sama seperti di bumi, pemulung luar angkasa juga memunguti sampah-sampah yang ada di luar angkasa. Tak percaya?
Kounotori / Gambar via spaceflightinsider.com

Inilah pemulung luar angkasa, Kounotori

9 Desember 2016 lalu, Jepang meluncurkan pesawat ruang angkasa tak berawak yang diberi nama Kounotori (dalam bahasa Jepang artinya bangau) yang berisi "pemulung". Pesawat ini menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kounotori dibawa oleh roket H-IIB dan berangkat dari Tanegashima, sebuah pulau di Kagoshima Prefecture. Selain membawa Kounotori, pesawat ini juga membawa air dan baterai untuk astronot ISS.

Dengan bantuan produsen jarak ikan Jepang Nitto Seimo, para ilmuwan di Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) telah mengembangkan tali yang dirancang untuk menarik puing-puing dari orbit bumi.

Awal penciptaan Kounotori dimaksudkan untuk membersihkan kurang lebih 100 juta keping roket, peralatan, dan satelit mati yang telah beredar sejak Uni Soviet pertama kali meluncurkan Sputnik di tahun 1957.

Hal ini dikarenakan, sebagian besar sampah ruang angkasa bergerak di sekitar Bumi pada kecepatan 17.500 mph. Dimana ini menyebabkan potensi tabrakan yang tak terhitung jumlahnya.

Jaring sampah ini tidak dibuat seperti biasa, melainkan dari kawat electrodynamic, yang terbuat dari aluminium dan stainless steel. Ukurannya enam kali lapangan sepak bola, agar dapat menangkap puing-puing di ruang angkasa.

Ilmuwan menjelaskan bahwa puing-puing tersebut ditarik ke dalam orbit yang lebih rendah dengan listrik yang dihasilkan oleh tether, dimana ia akan memasuki atmosfer Bumi dan dibakar menjadi abu.

Semoga misi ini berhasil dan menjadikan ruang angkasa lebih bersih ya!
Unik, di Luar Angkasa ternyata ada Pemulung juga loh! Ini Buktinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top