Tuesday, December 13, 2016

Unik! Di Sekolah ini Siswa Siswinya Bukanlah Manusia!

Sebelum memasuki taman kanak-kanak, biasanya anak usia 3 atau 4 tahun akan masuk ke preschool atau biasa disebut dengan playgroup. Seperti namanya, playgroup adalah sekolah bersenang-senang, bermain dan belajar setiap hari.

Playgroup tentu sudah tidak asing lagi, karena sekarang playgroup juga sudah menyasar masyarakat pedesaan. Jika normalnya yang dimasukkan play group adalah anak-anak atau balita, namun kali ini ada playgroup yang bukan untuk anak-anak, balita, atau manusia. Lalu untuk siapa playgroup ini?
Orang utan / Gambar via abcnews.go.com

Playgroup ini tidak diperuntukkan untuk manusia

Orang utan, ya, playgroup yang ada di Ketapang, Kalimantan Barat ini dikhususkan untuk orang utan.

Tim Internasional Penyelamat Satwa Langka membentuk orang utan pra-sekolah yang terancam punah di alam liar. Lembaga konservasi ini menerima 17 ekor orang utan, 3 dari Kuwait dan 14 ekor dari Thailand. Orang utan ini tidak dapat dilepasliarkan, sehingga harus dirawat di lembaga konservasi.

Selayaknya sekolah bertahan hidup, di sekolah ini para orang utan akan diajarkan keterampilan dasar bahwa mereka harus belajar dari orang tua mereka bagaimana cara hidup di alam liar.

Direktur Program International Animal Rescue, Karmele Llano Sanchez, berkata "Biasanya orang utan akan tetap bersama dengan ibunya selama 7 sampai 8 tahun kehidupan mereka, dan ini adalah proses ketika orang utan memiliki kesempatan untuk belajar dari ibu mereka bagaimana untuk bertahan hidup di alam liar."

Organisasi ini berharap agar orang utan dapat dilepas ke alam liar setiap harinya satu ekor, namun adanya perburuan liar menjadikan pengelola sekolah ini khawatir akan keselamatan orang utan.

Perlu diketahui, jumlah orang utan yang ada di hutan Kalimantan hanya sekitar 100.000 ekor saja. Padahal kalimantan merupakan habitat dari orang utan.

Oleh karena itu, kita harus jaga kelestarian orang utan dan lingkungan agar tidak punah.
Unik! Di Sekolah ini Siswa Siswinya Bukanlah Manusia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top