Tuesday, December 13, 2016

Unik! Inilah Persahabatan Nyata Manusia dengan Hiu Paus!

Sejak dulu, orang tua kita sering mengisahkan persahabatan antara hewan dan manusia. Kini kita pun masih dapat melihat kisah-kisahnya, namun kebanyakan persahabatan itu terjadi diantara hewan peliharaan dan majikannya.

Hiu adalah salah satu ikan besar yang ada di bumi. Selain itu, hiu juga terkenal ganas. Namun di desa ini, hiu paus malah menjadi sahabat manusia. Penasaran seperti apa persahabatan mereka?
Hiu paus di Kwatisore / Gambar via imgrum.net

Persahabatan nyata manusia dengan hiu paus

Desa ini disebut dengan desa hujan, karena setiap sore di desa ini selalu turun hujan. Desa ini adalah Kwatisore, dimana terdapat di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Nabire, Papua. Desa ini begitu bersih udaranya dan masih asri alamnya, selain itu desa ini memiliki keunikan yaitu hiu paus.

Desa yang dijuluki Desa Hujan ini awalnya diambil dari kata "Khawatir Sore", karena setiap sore selalu turun hujan meskipun sedang musim kemarau. Di desa ini, masyarakat mayoritas sebagai nelayan karena memang desanya terletak di sekitar teluk.

Selain desa yang asri dan keunikannya selalu hujan setiap sore dan belum diketahui penyebabnya itu, Kwatisore juga memiliki keunikan yaitu penduduknya yang sudah akrab layaknya sahabat dengan hiu paus. Di Taman Nasional Teluk Cendrawasih memang dikenal sebagai rumah bagi spesies Hiu Paus.

Meskipun tidak agresif menyerang manusia, masyarakat Kwatisore sering menyebut Hiu Paus sebagai ikan hantu, atau dalam bahasa setempat adalah "hiniotanibre". Disebut ikan hantu karena ikan ini terlihat menakutkan seperti hantu, bahkan ikan ini sering tiba-tiba muncul di dekat perahu nelayan dan menggesek-gesekkan tubuhnya ke perahu.

Bagi kebanyakan orang mungkin berenang bersama ikan berukuran 4 hingga 7 meter dan berat 2-3 ton adalah hal yang menyeramkan, tapi tidak untuk masyarakat Kwatisore. Mereka sudah biasa berenang dengan hewan besar ini tanpa takut. Masyarakat percaya bahwa Hiu Paus adalah hewan adat setempat, hubungan yang baik antara Hiu Paus dan manusia terlihat jelas setiap harinya.

Masyarakat percaya bahwa Kwatisore memang rumah bagi Hiu Paus, pasalnya di desa ini terdapat situs bernama Bukit Batu Meja yang tingginya 200 meter, dan ketika kita melihat Kwatisore dari atas sini maka bentuknya akan terlihat seperti ekor ikan paus. Karena itu juga, masyarakat dilarang untuk mengkonsumsi Hiu Paus ini.

Wah, unik sekali ya readers? Hewan yang besar dan kita kira berbahaya ternyata dapat bersahabat juga dengan manusia!
Unik! Inilah Persahabatan Nyata Manusia dengan Hiu Paus! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top