Friday, December 23, 2016

Unik! Tak hanya Manusia, Keledai juga Memakai Piyama!

Biasanya, orang akan pergi mengunjungi suatu tempat karena ada keunikan disana. Seperti pemandangan alam yang indah, keramahan penduduk, serta budaya yang ada di tempat tersebut.

Seperti salah satu tempat di Perancis yang bernama Île-de-Ré atau The Island of Rhea dalam bahasa Inggris. Letaknya ada di lepas pantai barat Perancis dekat La Rochelle.

Orang-orang banyak sekali mengunjungi tempat ini. Tak heran, karena di sini memiliki pantai yang landai, air yang jernih, serta angin pantai yang sepoi-sepoi meniup sekitarnya.
Keledai di sini mengenakan piyama / Gambar via amusingplanet.com
Namun ternyata, para pengunjung tak hanya menikmati pemandangan yang indah di sini, mereka juga penasara dengan para keledai yang ada di sini. Apa yang dilakukan keledai di sini hingga membuat wisatawan penasaran ya?

Keledai di tempat ini dipakaikan piyama, mengapa ya?

Keledai di pulau Île-de-Ré bukanlah keledai biasa, mereka adalah keledai ras Poitou atau dalam bahasa Perancis disebut Baudet du Poitou. Ras Poitou adalah ras keledai terbesar dengan bulu yang panjang dan kusut yang disebut cadanette.

Karena ukurannya yang besar di atas rata-rata ini, dulu keledai ini sering dipekerjakan di industri garam pulau Île-de-Ré. Mereka dipekerjakan di rawa asin Charente Maritime. Area ini banyak sekali nyamuk, dan tentu saja para keledai ini sering digigit nyamuk.

Karena hal ini, pemilik keledai membuatkan celana khusus untuk kaki para keledai guna melindungi kaki dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

Celana ini biasanya terbuat dari kain tirai yang berpola kotak merah atau sprei berpola garis-garis berwarna abu-abu. Karena hal ini, para keledai dijuluki dengan "Anes en Culotte" atau "keledai bercelana".

Namun kini, para keledai ras Poitou sudah tidak dipekerjakan lagi di rawa asin. Meski begitu, tradisi memakaikan celana untuk para keledai masih dilakukan untuk menarik hati wisatawan.

Yang lebih kasihan, Bagal Poitou, atau keturunan silang antara kuda betina dan keledai jantan yang pernah menjadi incaran di seluruh Eropa dan disebut sebagai bagal pekerja terbaik di dunia ini hampir punah. Bahkan di tahun 1977 hanya ada 44 ekor Poitou yang tersisa di seluruh dunia. Namun setelah dilakukan konservasi, di tahun 2005 tercatat ada lebih dari 450 keledai Poitou di dunia.

Kini, setelah tidak dipekerjakan lagi di rawa asin, mereka melayani para wisatawan untuk berkeliling menaiki Poitou dengan tetap mengenakan celana piyamanya. Wah lucu juga ya!
Unik! Tak hanya Manusia, Keledai juga Memakai Piyama! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top