Thursday, December 1, 2016

Untuk Hal ini, Jangan Berhemat ya!

Dalam Al Qur'an surat Al Furqan ayat 67, Allah Ta'ala berfirman, "Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian."

Allah Ta'ala tidak menyukai orang yang boros dan juga kikir. Orang-orang harus mengelola pendapatannya dan sebisa mungkin pengeluarannya tidak boleh melebihi pendapatannya. Mengelola uang secara bijaksana bisa dilakukan dengan berhemat, agar kita tidak khawatir mengenai masalah keuangan.
Ilustrasi pelit / Gambar via quotesgram.com
Berhemat itu adalah hal yang baik, tapi jangan terlalu berhemat untuk hal-hal berikut ini:
  1. Sedekah

    Jangan terlalu berhemat dalam bersedekah. Sedekah adalah salah satu cara menggunakan harta kita di jalan kebaikan. Sedekah itu memiliki manfaat yang banyak, seperti membuka pintu rezeki, menolak bala, mamanjangkan usia, mengangkat penyakit, mendekatkan terwujudnya hajat, dan penyelamat saat hari kiamat.

    Oleh karena itu, berapapun uang yang kita punya jangan lupa untuk bersedekah. Tak perlu bingung mau bersedekah di mana, perhatikan orang-orang terdekat kita yang membutuhkan, lalu kita memberinya itu sudah dinilai sedekah.
  2. Berbuat Baik pada Orang Tua

    Kepada orang tua kita pun tidak boleh terlalu berhemat. Ingat pengorbanan yang orang tua berikan kepada kita sejak kita masih di dalam kandungan. Islam menjadikan berbakti kepada orang tua sebagai kewajiban yang sangat besar.

    Berbakti pada orang tua dapat menghapuskan dosa besar, dikabulkan do'anya, ditambah rezeki yang berkah, ridha Allah Ta'ala adalah ridha orang tua, diterima amal dan kelak dikaruniai anak yang berbakti.

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda mengenai amal sholeh yang paling tinggi dan mulia, "Sholat tepat pada waktunya, berbuat baik kepada kedua orang tua, jihad di jalan Allah Ta'ala." (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Pendidikan

    Dengan memperoleh pendidikan, kita akan mendapatkan pengetahuan yang banyak. Islam menganjurkan umatnya untuk menjadi orang yang berilmu. Jadi, untuk keperluan pendidikan seperti sekolah, membeli buku, mengikuti seminar, dan lainnya janganlah terlalu berhemat.
  4. Menabung

    Menabung itu penting, karena kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi di masa mendatang. Bisa saja sekarang ini harta kita sedang berlebih, tapi bisa saja berbalik di masa mendatang. Oleh karena itu, menabung itu penting untuk berjaga-jaga pada saat seperti itu.

    Menabung tidak melulu dalam bentuk uang, kita bisa menabung dalam bentuk emas, tanah, rumah, atau usaha untuk masa depan kita.

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Allah Ta'ala akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan dengan pertengahan dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga pada hari ia miskin dan membutuhkannya." (HR. Ahmad dan Muslim)
  5. Kesehatan

    Untuk merawat kesehatan, janganlah kita terlampau hemat. Sehat itu murah, sakit itu mahal. Bayangkan jika kita sedang sakit, pasti kita perlu ke dokter, biaya ke dokter tidak murah belum lagi obatnya, dan jika parah harus dirawat di rumah sakit. Lebih banyak mengeluarkan uang, tenaga, dan waktu.

    Oleh karena itu, merawat kesehatan itu perlu. Jangan terlampau hemat untuk membeli makanan yang sehat, jangan terlampau hemat untuk membeli alat kebersihan, jangan juga terlampau hemat untuk memenuhi kesehatan rohani seperti berlibur, melakukan hobi, dan hal lainnya.
Jadi, untuk hal-hal di atas jangan terlalu hemat atau pelit ya! Karena itu semua akan berdampak baik juga untuk diri kita.
Untuk Hal ini, Jangan Berhemat ya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top