Wednesday, December 7, 2016

Wow! Lagu Lawas Indonesia ini Terkenal di Rusia loh!

Hubungan antara Indonesia dengan Rusia biasanya berhubungan dengan hubungan diplomatik atau militer. Namun ternyata, hubungan antara kedua negara ini ada juga di bidang seni, seperti lagu.

Lagu-lagu populer Indonesia ternyata ada juga yang terkenal di Rusia. Dan orang-orang Rusia pun menyukai lagu-lagu ini hingga diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia. Apa saja lagu-lagunya?
Rusia / Gambar via theculturemap.com
Inilah lagu lawas Indonesia yang terkenal di Rusia:
  1. Ayo Mama

    Lagu Ayo Mama yang berasal dari Maluku ini ternyata terkenal di Rusia loh! Lagu ini dinyanyikan oleh Yuri Yakushev (1943-2011), seorang musikus sekaligus pengaransemen Rusia. Kemudian diaransemen lagi oleh Vitaly Geviksman, yang liriknya diterjemahkan oleh Yuri Khazanov.
  2. Naik Delman (Progulka S Otsom)

    Lagu Naik Delman yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia berganti judul Progulka s Otsom yang jika diterjemahkan secara harfiah adalah perjalanan dengan ayah. Lagu anak-anak ini dinyanyikan oleh Rubina Kalantaryan.

    Tapi ada perbedaan lagu yang diciptakan Ibu Sud ini, yaitu pada lagu Naik Delman menceritakan anak-anak yang senang naik delman. Namun pada lagu yang diterjemahkan dalam bahasa Rusia bercerita tentang seorang anak yang pergi ke pasar dengan sang ayah dengan naik kereta kuda.
  3. Rayuan Pulau Kelapa (Resnya Ostrova Palm)

    Lagu karya Ismail Marzuki ini sangat populer di Rusia tahun 1950-1960-an. Lagu ini sering dikaitkan antara keeratan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia.
  4. Yesli Ty Ulybnyoshsya

    Versi asli lagu Yesli Ty Ulybnyoshsya berjudul Apabila Kau Tersenyum, yang diciptakan oleh Amin Usman dan dinyanyikan oleh penyanyi era 50-an, Rien Hardjono. Lagu ini diaransemen oleh Vitaliy Geviksman dan lirik diterjemahkan oleh Yuri Khazanov.
  5. Saputangan (Platochek)

    Lagu karya Gesang ini juga terkenal di Rusia dan diaransemen oleh Vitaly Geviksman. Lagu yang bercerita tentang sehelai saputangan ini menjadi satu-satunya barang kenangan milik seseorang yang ditinggalkan kekasihnya.
Wah, jadi bangga ya lagu Indonesia disukai oleh negara lain juga!
Wow! Lagu Lawas Indonesia ini Terkenal di Rusia loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top