Saturday, December 3, 2016

Wow! Ternyata Ada Masjid Terdingin di Dunia!

Sejak zaman dahulu, Islam tersebar dan berkembang di berbagai daerah di seluruh dunia. Karena itulah banyak dibangun masjid-masjid di berbagai daerah, kota, negara, desa, hingga di pedalaman.

Oleh karena masjid dibangun di berbagai tempat ini menjadikan masjid daerah satu dengan yang lainnya berbeda. Bisa saja di daerah yang panas masjid dibangun dengan sangat tinggi supaya tidak pengap dan diberi banyak saluran udara. Ada juga masjid yang paling dingin di dunia loh!
The Midnight Sun Mosque / Gambar via lakeflowsnorth.com

Sedingin apakah masjid terdingin di dunia ini?

Masjid ini berada di Inuvik, Kanada, sangat dekat dengan Kutub Utara karena kota ini berada dalam lingkar Arktik. Cuaca di sana sangat ekstrim, dimana ketika musim panas matahari dapat terlihat selama 24 jam dan di musim dingin matahari tidak muncul sama sekali dan sepanjang tahun kota ini diselimuti salju, jadi terbayang betapa dinginnya kota ini ketika musim dingin.

Karena di musim panas matahari bersinar 24 jam, kondisi ini disebut dengan Midnight Sun, oleh karena itu masjid yang ada di kota Inuvik ini dinamai dengan The Midnight Sun Mosque. Masjid ini berdiri baru pada tahun 2010 yang dinding serta atapnya terbuat dari seng tebal supaya tidak dingin. Bagian atas berbentuk limas berwarna hijau, serta di bagian depan terdapat hiasan menara yang menjulang tinggi dan akan bercahaya di malam hari.

Di Inuvik, jumlah umat Islam hanya sekitar 100 orang saja. Kebanyakan pun mereka yang berasal dari Mesir, Siberia, dan Sudan yang bekerja di Inuvik. Oleh karena itu, sebelumnya tidak ada masjid di sini.

Orang-orang Islam di Inuvik sebelumnya menggunakan alternatif tempat lain sebagai tempat ibadah. Seperti kontainer bekas yang dimodifikasi sehingga menjadi mushola, ada juga rumah yang dijadikan sebagai mushola.

Meski hidup sebagai minoritas di negara yang dingin, umat Islam di Inuvik tetap semangat beribadah dan mereka patut senang karena kini telah ada masjid yang berdiri kokoh di tengah ekstrimnya cuaca di tengah-tengah lingkungan mereka.
Wow! Ternyata Ada Masjid Terdingin di Dunia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top