Wednesday, December 21, 2016

Yakin Kamu Anak Gunung? Apakah Kamu Paham dengan Istilah ini?

Sering kita melihat orang-orang atau teman kita yang mendaki gunung, mereka terlihat sangat solid dengan teman satu kelompok pendakiannya. Tak hanya itu, dengan para pendaki lainnya pun mereka terlihat sangat akrab meski baru bertemu.

Selain itu, sama seperti kelompok yang lain pada umumnya, para pendaki pun memiliki istilah-istilah yang hanya mereka saja yang tahu. Kalau kamu anak gunung, pasti tahu istilah ini.
Mendaki gunung / Gambar via dreamplango.com

Inilah istilah yang hanya diketahui oleh anak gunung:

  1. Nesting

    Nesting memang berasal dari kata "nest" yang berarti sangkar. Tapi dalam pendakian, nesting berarti panci untuk memasak.
  2. Gaiter 

    Gaiter cukup sulit diucapkan oleh orang Indonesia sehingga mereka seringkali menyebutnya dengan "geter". Geter adalah pelindung sepatu dan kaki yang digunakan untuk menjaga sepatu dari masuknya kerikil, batu, debu, lumpur, dan angkel kaki.
  3. Webbing

    Webbing adalah pita dari nilon dengan ukuran bervariasi dan kekuatannya menyamai tali untuk memanjat tebing, hanya saja dayanya tidak lentur.
  4. Triple S

    Triple S adalah sebutan untuk tiga gunung besar di Jawa Tengah, yaitu Sindoro, Sumbing, dan Slamet.
  5. Survival

    Survival adalah bertahan hidup dalam kondisi yang tidak menentu.
  6. Survivor

    Survivor adalah orang yang bertahan hidup, dan kamu bahkan yang bukan pendaki gunung akan sering mendengar kata survivor ini ketika ada berita mengenai hilangnya seorang pendaki.
  7. Opsi

    Para pendaki gunung sering menyebut diri mereka sebagai pecinta alam. Sebagai pecinta alam yang baik, sudah seharusnya melakukan opsi, yaitu bersih-bersih gunung.
  8. Tik-tok

    Tik-tok maksudnya adalah pendakian dalam waktu sekali jalan. Berangkat dari basecamp menuju puncak atau pos tujuan tanpa bermalam. Biasanya ini dilakukan di gunung yang memiliki rentang waktu pendek, seperti Gunung Andong, Gunung Prau, Gunung Papandayan, Gunung Merapi, dan gunung lainnya.
  9. Keril

    Keril sebenarnya berasal dari kata "carrier" yang berarti alat pembawa. Keril merupakan ransel yang biasa digunakan untuk mendaki dan biasanya para pendaki menyebutnya keril karena sulit menyebutkan "carrier".
  10. Rock

    Rock akan sering kamu dengar saat mendaki gunung berbatu, artinya adalah ada batu yang jatuh dari atas.
Itulah beberapa istilah yang seringkali digunakan oleh anak gunung. Jadi kalau kamu sedang ngobrol dengan anak gunung, tentu sudah tahu istilah ini bukan?
Yakin Kamu Anak Gunung? Apakah Kamu Paham dengan Istilah ini? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top