Friday, January 13, 2017

Apakah Tepat jika Kita Berinvestasi dengan Emas?

Investasi adalah jalan yang baik untuk mempersiapkan masa depan Anda dan keluarga. Pilihan investasi pun sangat beragam, mulai dari sekuritas, properti, logam mulia, dan banyak lagi lainnya. Dan kini tengah banyak orang yang sudah berinvestasi di sektor logam mulia, yaitu emas.

Dengan begitu, investor harus tahu seluk beluk investasi di bidang tersebut, dalam hal ini emas. Apakah dengan berinvestasi di emas dapat memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang? Serta mempertimbangkan harga emas dan nilai keuntungannya.
Emas / Gambar via therealasset.co.uk
Harga emas pun berfluktiatif, tidak selalu mengalami kenaikan. Namun, tentu saja ada kelebihan dan kelemahan ketika Anda akan berinvestasi di sektor emas.

Kelebihan

  1. Likuiditas emas mudah. Anda dapat dengan mudah dijual dan dibeli melalui outlet perhiasan setiap saat.
  2. Meski di masa lalu harga emas pernah jatuh, tapi kelangkaan akan logam dan terbatasnya pasokan memastikan bahwa hal itu tidak akan pernah menderita dari jumlah devaluasi, meski juga mengalami pasang surut.
  3. Harga emas diperkirakan akan terus naik dalam waktu dekat, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga tersebut.

Kekurangan

  1. Emas merupakan investasi yang spekulatif, dimana memprediksi nilai masa depannya sulit. Hal ini dikarenakan harga sepenuhnya tergantung pada permintaan pasar dan pasokan, serta ekspektasi investor di seluruh dunia.
  2. Emas tidak dapat memberikan pengembalian dalam bentuk dividen.
Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya ini, investasi tergantung pada Anda. Anda bisa memperkirakan apakah akan baik atau tidak sebelum memutuskan untuk berinvestasi di sektor emas.
Apakah Tepat jika Kita Berinvestasi dengan Emas? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top