Tuesday, January 10, 2017

Baru Sembuh dari Sakit? Jangan Lakukan ini!

Menjaga kesehatan itu sangat penting, karena tidak ada seorang pun yang menginginkan sakit. Sakit dapat menghambat pekerjaan, dan jika sakitnya parah, tentu akan merepotkan orang lain.

Itulah mengapa jika kita sudah terlanjur terserang sakit, kita harus berusaha untuk segera sembuh dengan minum obat atau istirahat. Jika sakit mereda, sebenarnya kita belum berada dalam keadaan 100% pulih, namun kita membutuhkan beberapa waktu lagi untuk pulih. Dan jangan pernah melakukan beberapa hal ini setelah sakit.
Sakit / Gambar via blog.ucmsgroup.ro
Inilah yang tidak boleh kamu lakukan setelah sakit:
  1. Menghentikan Pengobatan

    Kebiasaan buruk orang adalah menghentikan pengobatan ketika badan sudah lebih enakan. Padahal, kita harusnya menghabiskan obat yang sudah diresepkan. Hal ini dikarenakan supaya bakteri yang menyebabkan sakit dapat benar-benar mati.
  2. Bepergian ke luar Kota

    Tahanlah dulu keinginanmu untuk pergi ke luar kota setelah sakit. Perbanyaklah istirahat dan jangan terlalu capek, agar tubuh dapat membentuk antibodi lagi. Kita juga belum tahu penyakit apa yang ada di kota yang akan kita datangi, bisa jadi malah kita akan tertular lagi karena virus belum benar-benar mati.
  3. Beraktivitas Terlalu Berat

    Agar proses pemulihan berlangsung cepat, jangan terlalu memaksakan diri mengerjakan pekerjaan yang berat. Jangan juga langsung berolahraga karena tubuh belum terlalu sembuh dan masih membutuhkan istirahat.
  4. Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Berenergi

    Setelah sakit, tubuh kita memang mudah lelah karena energi banyak digunakan untuk pemulihan. Kebanyakan orang akan mengkonsumsi makanan atau minuman berenergi untuk mengembalikan kondisi.

    Namun, hal ini justru jangan kamu lakukan karena makanan dan minuman berenergi tidak benar-benar mengembalikan stamina secara instan. Lebih baik jika kamu membiarkan tubuhmu pulih secara alami dengan mengkonsumsi sayur, buah, dan ikan.
  5. Tidur Larut Malam

    Setelah sakit, jangan sampai kita tidur larut malam. Setidaknya tubuh memerlukan 8 jam waktu tidur malam untuk menetralisir racun dan meregenerasi sel yang telah mati. Jika terpaksa harus tidur larut malam, usahakan untuk menjaga kesehatan dengan tidak merokok, makan makanan tinggi garam dan gula, kopi, atau minuman berenergi.
Jangan sampai penyakit yang pernah diderita menyerang kembali. Kitalah yang paling tahu tubuh kita dan kitalah yang bisa menjaga tubuh agar tetap sehat.
Baru Sembuh dari Sakit? Jangan Lakukan ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top