Monday, January 2, 2017

Cegah Diabetes dengan Hidup Sehat Ala Islam ini!

Di dalam agama Islam, selain mengajarkan ilmu agama, juga mengajarkan tentang menjaga kesehatan tubuh. Sudah banyak cara yang diajarkan Islam agar tubuh sehat.

Tentunya kita pernah mendengar ungkapan, "Berhentilah makan sebelum kenyang". Ternyata, prinsip ini ada dalam ajaran agama Islam. Dan ternyata, berhenti makan sebelum kenyang dapat mencegah penyakit diabetes mellitus.
Makan yang cukup / Gambar via healthline.com

Bagaimana cara sehat alam Islam untuk mencegah diabetes?

Dalam Hadis Riwayat Abu Daud, menjelaskan tentang prinsip-prinsip hidup sehat untuk mencegah penyakit diabetes mellitus, yang mengatakan, "Kita ini golongan ummat yang makan karena sudah lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang."

'Anjuran' tersebut sesuai dengan prinsip menjaga pola makan yang baik, tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, atau minyak secara berlebihan. Oleh karena itu, dapat meminimalkan risiko penyakit yang dipicu oleh makanan yang memicu diabetes mellitus.

Selain mengontrol konsumsi makanan dan membatasi asupan makanan, cara lain untuk mencegah diabetes mellitus adalah dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang efektif dilakukan adalah berenang, karena dapat membakar kalori lebih banyak.

Oleh karena itu, ayo mulai hidup sehat dengan makan cukup tidak berlebihan dan rutin berolahraga.
Cegah Diabetes dengan Hidup Sehat Ala Islam ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top