Wednesday, January 18, 2017

Diberi Pertanyaan ini, Kamu Pasti Langsung Ingat untuk Menabung!

Sebanyak apapun gaji yang akan kamu terima nantinya, kamu harus tetap berhemat. Ingat pepatah dahulu berkata, "Hemat pangkal kaya". Meski sudah diberi petuah seperti itu, namun nampaknya tekad untuk berhemat tak kunjung bulat.

Menghemat memang bukanlah perkara yang mudah dilakukan, apalagi jika dari awal kamu termasuk tipe orang yang pemasukan lebih kecil dari pengeluaran. Oleh karena itu, ada tips membulatkan tekad dan dengan pertanyaan ini kamu pasti akan langsung ingat menabung dan membulatkan tekadmu untuk tidak menyerah ketika menabung.
Menabung / Gambar via geico.com
Inilah pertanyaan yang membuatmu ingat menabung:
  1. Sudah Berapa Lama Kamu Bekerja dan Berapa Jumlah Uang di Rekeningmu?

    Jika kamu sedih dan sadar dengan pertanyaan tersebut, itu artinya kamu harus mulai berhemat. Tak perlulah membeli smartphone paling mahal jika hanya untuk mengakses media sosial. Tak perlu juga membeli make up mahal jika jarang dipakai. Jadi, berhematlah untuk pengeluaran ini.
  2. Apakah Kamu ingin Travelling ke Luar Negeri?

    Mungkin kamu iri melihat teman-temanmu dapat berwisata ke luar negeri, dan kamupun berniat untuk berwisata ke luar negeri juga. Ke luar negeri membutuhkan biaya yang banyak, tentu kamu juga harus menabung untuk dapat mewujudkannya.
  3. Kamu Sudah Berpenghasilan, Pernahkah Berqurban?

    Jika kamu seorang muslim, niatkan untuk berqurban. Jika kamu merasa hewan qurban mahal, cobalah lihat smartphone yang kamu pegang sekarang ini, pasti harganya lebih mahal dari hewan qurban. Tentu kamu bisa menabung untuk membeli hewan qurban, kan?
  4. Coba Hitung Pemasukanmu Setahun, Kemana saja Uang itu Pergi?

    Pernahkah kamu iseng menghitung gaji dalam setahun? Tentu menunjukkan angka yang banyak, bukan? Lalu, coba kamu hitung pengeluaran yang sudah kamu lakukan, apakah hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, atau untuk pemborosan lainnya?

    Coba ingat, apakah gajimu meninggalkan bekas, seperti tabungan, deposito. investasi, bisnis, gelar pendidikan, atau manfaat yang kamu dapatkan dari gajimu. Jika pengeluaranmu masih lebih banyak dari pendapatan, kamu tentu harus melakukan penghematan dan carilah pekerjaan sampingan.
Dengan begitu, kamu akan lebih sadar tentang arti menabung. Jangan mudah menyerah, karena menabung memerlukan kesabaran dan ketekunan.
Diberi Pertanyaan ini, Kamu Pasti Langsung Ingat untuk Menabung! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top