Sunday, January 15, 2017

Hati atau Pikiran, Manakah yang Harus Lebih Dulu Diikuti?

Seringkali kita terjebak dalam pilihan untuk menentukan keputusan penting, yaitu mengikuti kata hati atau pikiran. Tentu hal ini sangatlah rumit, karena memilih salah satunya membuatmu harus memahami apa yang akan ditimbulkan dari salah satunya. Hati dan pikiran berperan membantumu dengan cara mereka sendiri.

Hati berpikir secara emosi, mengungkapkan perasaan yang tidak bisa digabarkan secara logis. Sedangkan pikiran lebih cenderung rasional dan praktis. Hati dan pikiran ibarat dua penasihat yang memiliki jalan berbeda dan cara penyampaian berbeda untuk mengambil keputusan.
Ikutilah kata hati dan pikiran / Gambar via lovethispic.com
Inilah cara menentukan, baiknya ikuti kata hati atau pikiran:
  1. Cobalah untuk Berbicara dengan Hati dan Pikiran sesuai dengan Peran Masing-masing

    Pemikiran logis dengan mencoba memberi jawaban yang paling rasional, tapi juga harus mempertimbangkan alasan menggunakan hati. Di tengah kebingungan inilah biasanya jawaban akan muncul seketika.
  2. Ikuti Isyarat Tubuh

    Karena beberapa tanda dapat ditunjukkan melalui tubuh. Amati saja tanda yang diberikan oleh tubuh. Misalnya perut tiba-tiba sakit atau dada sesak bisa berhubungan dengan rasa takut.
  3. Tanyakan pada Batin

    Seringkali timbul rasa takut di pikiran yang mencegahmu mengambil risiko atau menerima tantangan. Kebanyakan orang hanya mendasarkan pada pemikiran logis, tetapi ketika kamu mampu mendamaikan hati dan pikiran, maka segala yang kamu hadapi akan menjadi lebih mudah untuk diatasi.
  4. Tentukan Tantangan dan Kendala

    Ketika membuat keputusan besar, pasti kamu akan melibatkan pihak eksternal maupun internal.

    Bisa saja berbentuk orang, sumber daya, atau situasi. Jika memang situasi yang kamu hadapi seperti ini, tulis semuanya dan bacalah berulang-ulang dalam hati hingga kamu menemukan jawaban terbaik.
Jika ditanya manakan yang harus didahulukan? Jawabannya adalah keduanya. Belajar untuk menghomati keduanya karena hati dan pikiran adalah dua penasihat yang membantu menjalani hidupmu.
Hati atau Pikiran, Manakah yang Harus Lebih Dulu Diikuti? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top