Sunday, January 15, 2017

Hati-hati! Bergosip Bisa Pengaruhi Kesehatan!

Dalam agama Islam, bergosip itu tidak boleh karena dapat menyakiti hati orang lain serta hal itu bisa jadi fitnah karena belum tentu beritanya benar. Selain itu, secara sosial bergosip juga dapat merendahkan orang lain.

Selain itu, bergosip juga dapat memunculkan efek negatif bagi kemampuan berpikir seseorang. Dan dari segi kesehatan, bergosip juga tidak baik. Apa saja efek negatif bergosip bagi kesehatan?
Gosip / Gambar via excelle.monster.com 
Inilah efek negatif bergosip bagi kesehatan:
  1. Menyebabkan Depresi

    Seseorang yang terus-terusan membicarakan orang lain, hidupnya akan terisolasi dari kehidupan sosial. Pasalnya, tidak ada yang suka dengan orang seperti ini. Membicarakan keburukan orang lain akan membuatnya dijauhi dan inilah yang membuat ia menjadi depresi.
  2. Stres

    Orang yang mendengarkan gosip setiap hari dapat juga berpotensi stres. Kondisi ini jika dibiarkan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya.
  3. Mempengaruhi Persepsi Visual

    Kebiasaan bergosip dapat mempengaruhi penglihatan normal seseorang. Intuisi menjadi hal yang penting pada orang yang memiliki kepekaan, tapi tidak berjalan baik pada orang yang mendasarkan segala hal pada logika.
  4. Bergosip Mempengaruhi Penilaian

    Biang gosip biasanya menambahkan bumbu-bumbu berita di gosipnya agar gosipnya terdengar seru. Orang yang mendengarkan menjadi terpengaruh, alhasil pandangannya pada orang yang digosipkan akan berubah karena ia tidak dapat berpikir secara jernih.
  5. Mempengaruhi Produktivitas

    Orang yang mendengarkan gosip akan terpengaruh produktivitasnya. Ia akan memikirkan orang yang digosipkan yang alhasil akan menurunkan konsentrasinya.
Itulah dampak negatif dari bergosip. Jika ingin memiliki banyak teman dan sehat selalu, hindarilah bergosip.
Hati-hati! Bergosip Bisa Pengaruhi Kesehatan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top