Saturday, January 7, 2017

Hati-hati! Penyakit Kulit ini Terjadi karena Olahraga

Olahraga itu sangat penting dilakukan semua orang. Karena olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan tubuh, serta menjaga berat badan agar tidak obesitas.

Kendati dapat menyehatkan tubuh, namun olahraga yang salah dapat menimbulkan penyakit kulit. Penyakit kulit apa saja yang dapat terjadi karena olahraga ya?
Olahraga / Gambar via stevenaitchison.co.uk
Inilah penyakit kulit yang terjadi karena olahraga:
  1. Ruam karena Latihan di Cuaca yang Panas

    Biasanya ketika olahraga di luar ruangan, akan muncul ruam karena panas yang berbentuk titik-titik merah dan terlihat mirip dengan jerawat. Ruam ini terjadi di sekitar lipatan kulit dan daerah dimana pakaian dan kulit paling sering bergesekan.

    Cara mengatasinya dengan beristirahat di tempat teduh ketika olahraga di luar ruangan, mengenakan pakaian yang menyerap keringat, serta lakukan hidrasi dengan minum banyak air. Atau lebih baik olahraga di ruangan ber-AC.
  2. Jerawat Tubuh karena Pakaian yang Terlalu Ketat

    Jika kamu mengenakan pakaian ketat ketika olahraga, hal ini akan membuka peluangmu terkena jerawat tubuh, karena bakteri terperangkap di dalam pakaian. Cara mengatasinya adalah dengan segera mandi setelah berolahraga, jika memungkinkan gunakan benzoil peroksida untuk mandi.
  3. Athlete's Foot

    Athlete's foot disebabkan oleh infeksi jamur. Tandanya adalah ruam bersisik, gatal-gatal dan panas diantara jari kaki. Jamur bisa berasal dari lantai kamar mandi umum. Selain itu ada risiko tertular onikomikosis, yang menyebabkan kuku menebal, rapuh, mengeras dan berwarna kuning.

    Cara untuk mengatasinya adalah dengan selalu mengenakan alas kaki ketika ke kamar mandi, serta gunakan alas kaki yang bersih.
  4. Radang atau Luka karena Gesekan Kulit

    Gesekan antara kulit dengan baju atau kulit dengan kulit lainnya dapat menyebabkan radang atau luka kemerahan yang rasanya panas. Cara mengatasinya adalah dengan mengenakan pakaian berbahan halus.

    Jika sudah terlanjur, bisa diobati dengan mencuci luka dengan air panas atau dingin dan sabut lembut, lalu obati dengan salep antibiotik.
  5. Hiperpigmentasi karena tidak Memakai Tabir Surya

    Sinar UV dapat merusak kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen dan menimbulkan garis kerut. Selai itu, sinar UV juga berpotensi meningkatkan risiko melanoma. Yang terpenting adalah menggunakan tabir surya berspektrum luas ke seluruh tubuh.
Semoga olahraga yang kamu lakukan bukan malah menyebabkan penyakit ya!
Hati-hati! Penyakit Kulit ini Terjadi karena Olahraga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top