Monday, January 23, 2017

Hebat! Buah Menabung Belasan Tahun Mengantarkan Tukang Becang ini ke Tanah Suci!

"Hemat pangkal kaya", itulah peribahasa yang sering diajarkan pada kita ketika masih SD. Satu lagi peribahasa yang relevan dengan peribahasa itu adalah, "Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit".

Ternyata, orang zaman dahulu membuat ungkapan seperti ini didasarkan juga pada kisah nyata. Pelajaran yang dapat terjadi di dunia nyata dan benar-benar terjadi. Tak ada yang tak mungkin, meski dalam keadaan susah jika kita terus berusaha maka impian kita akan tercapai. Inilah yang terjadi pada tukang becak gigih bernama Uut.
Uut / Gambar via solopos.com

Buah menabung belasan tahun mengantarkan tukang becak ini ke Tanah Suci!

Sri Mulyono nama aslinya, tukang becak asal Cemani, Grogol, Sukoharjo yang bulan Maret nanti akan pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh. Ia menyisihkan penghasilannya sebagai tukang becak selama belasan tahun untuk menunaikan ibadah umroh, meskipun kita tahu bahwa penghasilan tukang becak pun tak seberapa.

Uut yang biasa mangkal di Jl. KH. Samanhudi, Solo, berkata, "Dulu ketika timbul niat ibadah umroh, saya tidak tahu kapan itu akan terwujud. Tapi dengan keyakinan bahwa saya bisa, saya tidak masalah harus menunggu lama."

Terkadang, Uut harus menerima kenyataan bahwa di hari itu tidak ada yang menggunakan jasanya. Terkadang jika sedang sepi dan penghasilannya sedikit, Uut justru menyedekahkannya dengan keyakinan bahwa Allah Ta'ala pasti akan menggantinya.

Dan benar saja, setelah itu penumpangnya kembali banyak. Meski sama-sama membutuhkan uang, ketika melihat penumpang yang dirasa kurang mampu, Uut justru tidak mau dibayar oleh penumpang tersebut.

Jika penghasilannya cukup banyak, Uut akan menabungnya. Cara menabungnya pun cukup unik, yaitu dengan cara meminjam uang kepada saudaranya. Selanjutnya Uut akan mencicil hutang tersebut. Ia mengatakan bahwa dengan cara ini ia akan tetap semangat bekerja.

Kini, tabungan Uut sudah mencapai Rp 24 juta. Ia sudah mendaftarkan dirinya ke biro haji yang lokasinya tidak jauh dari tempatnya bekerja.

Meski uang tabungan Uut masih kurang untuk biaya paspor dan vaksin meningitis, namun pihak biro sepakat akan melunasinya.

MasyaAllah, inilah buah dari sabar, ikhlas, dan tawakal. Berusaha di jalan Allah Ta'ala, dengan yakin berdo'a bahwa Allah Ta'ala pasti akan mengabulkan. Allah Ta'ala akan mengabulkan setiap do'a hamba-Nya. Mungkin tidak sekarang, namun nanti di saat yang tepat Allah Ta'ala akan mengabulkannya.
Hebat! Buah Menabung Belasan Tahun Mengantarkan Tukang Becang ini ke Tanah Suci! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top