Thursday, January 26, 2017

Hebat! Hanya Berbekal Video dari YouTube, Ibu ini Berhasil Bangun Rumah Sendiri!

Rumah adalah tempat dimana kita dapat berkumpul dengan keluarga, melepaskan penat setelah seharian beraktivitas, serta tempat berlindungan dari bahaya dunia luar.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa rumah hanya bisa dibangun oleh para pekerja konstruksi saja. Karena membangun rumah perlu perhitungan yang pas sehingga bangunan kokoh dan tidak roboh.

Namun, seorang ibu empat anak asal Little Rock, Arkansas, Amerika Serikat ini mematahkan teori tersebut. Ia bukan ahli konstruksi, bahkan ia tidak memiliki pengalaman dalam hal rancang bangun. Tapi ia berhasil mendirikan rumah yang layak hanya berbekal video dari YouTube. Bagaimana kisahnya?
Cara Brookins dan keluarga / gambar via miamiherald.com

Ibu asal Arkansas ini berhasil bangun rumah hanya dari tutorial YouTube!

Cara Brookins, awalnya adalah ibu rumah tangga biasa dengan empat orang anak. Ia mendapat perlakuan kasar dari sang suami sehingga menyebabkannya bercerai, dengan hak asuh atas keempat orang anak jatuh padanya.

Dengan dana terbatas yang ia miliki, namun ia bertekad untuk dapat memberikan anak-anaknya rumah untuk tinggal bersama. Jadi, ia pun membangunnya sendiri!

Brookins memang tidak memiliki latar belakang di bidang konstruksi bangunan. Meski begitu, tekadnya untuk membangun rumah sendiri sangat kuat. Akhirnya ia memanfaatkan video dari YouTube untuk mencari tutorial cara membangun rumah.

Di tahun 2008, fitur yang ada di YouTube tidak secanggih sekarang ini. Smartphone pun belum banyak yang memiliki. Brookins hanya memanfaatkan waktu di malam hari untuk mengaksesnya dan mempraktikkannya di siang hari. 

Yang namanya tidak memiliki pengalaman, Brookins pun pernah salah dalam membangun. Tapi ia berusaha mencobanya lagi hingga berhasil. Selain mencari video di YouTube, Brookins juga sering bertanya pada orang-orang di supermarket bangunan dekat rumahnya.

Semua Brookins lakukan dari nol. Putra tertuanya, Drew, membantu menggambar cetak biru bangunan dan meminta persetujuan dari Wali Kota. Semantara Jada dan Hope, kedua putrinya membantu memikul air dari kolam sekitar untuk mencampur semen sembari memasak untuk mereka sekeluarga dan mengasuh adik kecilnya, Roman.

Setelah sembilan bulan, akhirnya rumah impian Brookins dan keluarganya jadi. Mereka menamakan rumah tersebut "Inkwell Manor". Bukan rumah sederhana, melainkan termasuk rumah besar dan sangat layak dihuni mereka berlima. 

Rumah tersebut menghabiskan biaya USD 130.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar. Kini, rumah Brookins ditaksir mencapai USD 500.000 atau sekitar Rp 6,6 miliar.

Hasil jerih payahnya membangun rumah itu ia tuliskan dalam sebuah buku berjudul "Rise, How a House Built a Family".

Semoga kisah Brookins ini dapat menginspiarsi semua orang dan semoga keluarga Brookins bahagia selalu.
Hebat! Hanya Berbekal Video dari YouTube, Ibu ini Berhasil Bangun Rumah Sendiri! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top