Thursday, January 5, 2017

Hebat! Ternyata Tubuh Manusia Bisa Digunakan untuk Men-charge Baterai loh!

Masalah utama yang sering dijumpai pada para pemilik smartphone adalah habisnya daya atau baterai. Jika masih di lingkungan rumah, mudah cara mengatasinya yaitu hanya dengan mencari stop kontak.

Ketika sedang dalam perjalanan atau aktivitas di luar ruangan, kebanyakan dari kita akan mengandalkan powerbank. Namun, powerbank sendiri juga ada batas pemakaiannya dan juga harus di charge ulang ketika dayanya sudah habis.

Oleh karena itu, seorang remaja berusia 19 tahun menemukan solusi dari masalah tersebut, yaitu charger dari tubuh manusia! Seperti apa ya charger itu?
HandEnergy / Gambar via backerjack.com

Inilah charger pertama di dunia yang memanfaatkan tubuh manusia

Ia adalah Michael Vaga, remaja ini berhasil menemukan cara jitu ketika kamu memerluka charger, yaitu dengan menggunakan energi dari tubuh manusia. Nama ciptaan ini adalah HandEnergy, sangat sesuai dengan fungsi dan cara kerjanya.

Charger ini memanfaatkan tangan manusia untuk menghasilkan energi listrik. Ketika baterai akan habis, segera genggam HandEnergy kemudian putar charger dengan tangan. Energi mekanik dari tangan yang menggerakkan HandEnergy akan diubah menjadi energi listrik.

Michael berkata, "Setiap putaran tanganmu akan menambah kecepatan rotor yang signifikan dan menghasilkan lebih banyak energi. Kecepatan rerata dari rotor adalah 5.000 rpm. Kami mengubah energi mekanik jadi sumber listrik."

Waktu yang harus ditempuh untuk mengisi penuh sebuah smartphone adalah 40 menit hingga 1 jam. Namun, bila smartphone di-charge sambil dioperasikan maka daya baterai akan berkurang sekitar 30 persen.

HandEnergy sudah dikembangkan Michael dan timnya selama kurang lebih satu tahun. Di tahun ini, ia mantap dan yakin untuk memproduksinya seara massal dan menjualnya ke publik. Karena dapat mengisi dengan cepat dan hanya dengan tubuh manusia, harga HandEnergy cukup mahal dilihat dari sudut pandang powerank yaitu sebesar 99 euro atau Rp 1,3 juta.

Meski begitu, untuk kamu yang seringkali beraktivitas di luar ruangan, HandEnergy cocok untukmu. Tertarik untuk membelinya?
Hebat! Ternyata Tubuh Manusia Bisa Digunakan untuk Men-charge Baterai loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top