Sunday, January 22, 2017

Hindari Makanan dan Minuman ini jika Kamu Memiliki Penyakit Maag!

Maag adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori, adanya luka di dinding lambung, atau juga karena efek samping obat-obatan. Penyakit maag ini akan kambuh jika penderitanya tidak menjaga pola makan dengan baik.

Jika maag sudah kambuh, maka sakitnya tak tertahan, sangat sakit di bagian perut sekitar lambung. Semua akan terasa tidak nyaman, makan tidak enak, minum tidak enak, tidur tak enak, semua tak enak. Selain itu, penderita maag juga harus menghindari beberapa makanan supaya tidak kambuh.

Inilah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita penyakit maag:
  1. Makanan Terlalu Pedas

    Makanan terlalu pedas / Gambar via forum.bodybuilding.com
    Makanan terlalu pedas akan membuat luka di saluran pencernaan. Sebaiknya, hindari makanan pedas karena dapat membuat maag kambuh. Rasa pedas tak hanya dari cabai, tapi juga paprika, merica, serta rempah-rempah lainnya.
  2. Permen Karet

    Permen karet / Gambar via aspicyperspective.com
    Meski terdengar sepele dan tidak berbahaya, ternyata permen karet dapat membuat maag kambuh. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang mana membuat penderita maag dapat kambuh.
  3. Makanan Berlemak

    Makanan berlemak / Gambar via aryzauq.tv
    Hindari makanan yang berlemak, seperti lemak hewani, susu tinggi lemak, serta gorengan. Hal ini dikarenakan makanan tinggi lemak sulit dicerna.
  4. Makanan yang Terlalu Banyak Gas dan Terlalu Banyak Serat

    Nanas / Gambar via livescience.com
    Makanan tinggi gas akan menyebabkan kamu sering buang angin, dan bahayanya juga meningkatkan asam lambung. Hindari juga buah dan sayur yang tinggi gas seperti sawi, kol, nangka muda, nanas, duriang, dan pisang ambon.
  5. Minuman yang Mengandung Soda, Kafein, dan sejenisnya

    Minuman bersoda / Gambar via healthyfoodhouse.com
    Minuman ringan mengandung soda, kafein, serta sari-sari lemon dapat meningkatkan asam lambung. Jadi, hindari minuman tersebut agar maag tidak kumat.
Itulah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita maag agar tidak kambuh.
Hindari Makanan dan Minuman ini jika Kamu Memiliki Penyakit Maag! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top