Wednesday, January 18, 2017

Ingin Biaya Nikah Cepat Terkumpul? Hindari Pengeluaran Sepele ini!

Kebanyakan orang menyambut tahun baru dengan membuat resolusi, dan tak sedikit yang membuat resolusi di tahun baru ini untuk menikah. Memang tak ada salahnya membuat resolusi di tahun ini untuk menikah.

Jika kamu ingin menikah di tahun ini dan kamu termasuk orang yang hidupnya sederhana, kamu tentu akan berpikir untuk menabung, bukan? Menabung memang mudah diucapkan, tapi eksekusinya yang sulit.

Kamu akan mendapatkan banyak godaan di tengah perjalananmu menabung, apalagi jika kamu hidup di kota besar. Hiburan tiap malam minggu tak bisa terelakkan, belanja ini dan itu yang sedang trend pun jadi godaan besar. Untuk itu, kamu harus punya strategi agar tabungan pernikahanmu cepat terkumpul.

Pengeluaran sepele ini harus kamu hindari agar biaya pernikahan cepat terkumpul:
  1. Travelling Bareng

    Travelling bareng / Gambar via consumerguide.sg
    Kalau kamu dan pasangan adalah orang yang hobi travelling, usahakan di dekat-dekat pernikahan ini tidak melakukan travelling. Hal ini dikarenakan travelling membutuhkan banyak dana, dan lebih baik dana itu dialokasikan untuk tabungan pernikahan.
  2. Nonton Bioskop

    Kebiasaan menonton bioskop dapat membuat tabunganmu berkurang. Apalagi jika kamu sering menonton bioskop ketika weekend, tentu harga tiket akan lebih mahal. Misalnya saja harga tiket bioskop di hari libur Rp 50.000, kamu pergi berdua dengan pasangan menjadi Rp 100.000. Belum lagi membeli makanan di bioskop yang harganya mahal.
    Nonton bioskop / Gambar via gettyimages.com
    Jika ingin berhemat, kamu bisa kurangi pengeluaran menonton bioskop ini dengan selektif memilih film yang akan ditonton, tidak membeli makanan saat menonton, atau memilih menonton DVD daripada bioskop.
  3. Rokok

    Membeli rokok / Gambar via colourbox.com
    Jika kamu hobi merokok dan setiap hari selalu merokok, sebaiknya sekarang kurangi kebiasaan itu. Rokok justru dapat menghabiskan banyak uang. Misalnya per hari kamu habiskan Rp 20.000 untuk rokok, berarti dalam sebulan Rp 600.000 melayang hanya untuk rokok. Padahal itu jumlah yang cukup besar untuk tabungan pernikahan.
  4. Membeli Barang Branded

    Membeli barang branded / pic via travelwithgrant.boardingarea.com
    Tahan dulu godaan berbelanja, apalagi barang-barang branded. Jika memang kamu benar-benar menginginkannya, kamu bisa membeli barang branded preloved.
  5. Kencan di Restoran

    Sebenarnya ini hal yang mudah untuk dikurangi. Tak perlu setiap minggu makan di restoran. Mungkin sejak awal, kamu dan pasangan juga harus membiasakan untuk mencoba makanan lain selain di restoran, dan tentu saja tak hanya makanan restoran yang enak.

    Makan di restoran / pic via moneycrashers.com
    Tahan keinginan untuk makan-makan di restoran, atau manfaatkan restoran yang sedang promo dan memberikan diskon.
Itulah pengeluaran yang dapat kamu tekan agar biaya pernikahanmu cepat terkumpul. Semangat menabung, ya!
Ingin Biaya Nikah Cepat Terkumpul? Hindari Pengeluaran Sepele ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top