Monday, January 23, 2017

Inilah Alasan Dibalik Senangnya Orang Jepang Mengkonsumsi Daging dan Ikan Mentah!

Kita tentu tahu, makanan-makanan Jepang kebanyakan menggunakan ikan dan daging yang tidak dimasak, atau dimasak namun hanya setengah matang saja. Berbeda sekali dengan kita masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi daging atau ikan setelah dimasak sempurna.

Tradisi mengkonsumsi daging dan ikan mentah ini tentu sangat sulit diterapkan di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang kurang bisa menerima cita rasa makanan mentah. Tapi, mengapa orang Jepang suka ya?
Mengapa orang Jepang senang mengkonsumsi daging dan ikan mentah? / Gambar via huffingtonpost.ca
Inilah alasan dibalik senangnya orang Jepang mengkonsumsi daging dan ikan mentah:
  1. Kualitas Laut Terbaik

    Pada dasarnya, ikan di seluruh dunia ini sama. Yang membedakan adalah habitat ikan tersebut hidup. Jepang memiliki kualitas laut yang baik, bersih bebas polusi. Inilah mengapa orang-orang Jepang juga tidak ragu untuk mengkonsumsi ikan mentah.
  2. Mempertahankan Cita Rasa Alami

    Masyarakat Jepang memiliki tradisi untuk mempertahankan cita rasa daging dan ikan. Oleh karena itu, mereka juga meminimalisir proses memasak, agar rasa alami tidak hilang.
  3. Letak Geografis yang Strategis

    Jepang memiliki letak geografis yang strategis, dimana terdapat pertemuan antara arus laut yang hangat dan dingin. Inilah mengapa Jepang memiliki kekayaan alam berupa ikan yang beraneka ragam.
  4. Proses Sterilisasi yang Canggih

    Orang Jepang mengkonsumsi daging dan ikan mentah juga bukan asal. Contohnya saja daging ayam untuk membuat torisashi, sejak masih di dalam telur ayam sudah disterilisasi dengan baik. Begitu juga dengan daging lain, sejak kecil sudah diproses sebagaimana supaya tidak terdapat virus.

    Oleh karena itu juga maraknya virus salmonella tidak menghalangi orang Jepang untuk berhenti mengkonsumsi daging dan ikan mentah. Jadi jika kamu ingin makan atau mengolah masakan ala Jepang, perhatikan dulu dagingnya, apakah sudah steril atau belum.
Orang Jepang mengkonsumsi daging dan ikan mentah bukan semata-mata mentah langsung dimakan. Mereka pun juga mencucinya, membersihkannya, bahkan sebelumnya sudah disterilisasi terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman, virus, dan bakteri.
Inilah Alasan Dibalik Senangnya Orang Jepang Mengkonsumsi Daging dan Ikan Mentah! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top