Saturday, January 7, 2017

Inilah Alasan Mengapa Memasang Foto Tiket Pesawat di Media Sosial Berbahaya

Saat ini, bepergian ke suatu tempat atau travelling sedang trend di semua kalangan. Destinasi yang favorit dikunjungi tak hanya dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Kebanyakan dari mereka bepergian dengan pesawat. Hal ini bertujuan supaya cepat sampai. Selain itu juga, naik pesawat membuat derajat orang dinilai tinggi oleh orang lain. Ini sebabnya tak sedikit orang yang memamerkannya dan memasang foto tiket pesawat di media sosial. Padahal tindakan ini sangat berbahaya.
Tiket pesawat / gambar via credso.org

Inilah alasan mengapa memasang foto tiket pesawat di media sosial berbahaya

Menurut Karstein Nohl dan Nemanja Nikodejevic, peneliti dari perusahaan keamanan cyber Security Research Lab, adanya pemasangan foto tiket pesawat di media sosial sangat berbahaya. Menurut mereka, hal ini disebabkan karena celah keamanan dalam sistem yang digunakan untuk menangani booking penerbangan.

Tiket memiliki kode booking yang tercetak dalam Global Distributed Systems (GDS). GDS ini adalah istilah untuk menyebut sistem yang mengelola booking di seluruh dunia. Jenisnya ada bermacam-macam, tapi 90% penerbangan di dunia menggunakan kode milik Amadeus, Sabre, dan Travelport.

GDS ini dibuat dari sistem lama yang banyak dipakai pada era 70-an dan 80-an. Sejak saat itu pula hingga sekarang tidak mengalami perubahan apapun, hanya saja disatukan dalam infrastruktur web modern dan memakai otentifikasi yang sama tuanya.

Setiap penumpang yang memesan satu tiket, maka GDS akan menandainya dengan kode enam digit. Inilah yang kita kenal dengan kode booking dan tercetak di tiket.

Masalahnya adalah, kode ini dapat disalahgunakan oleh orang jahat. Mereka cukup mencatat kode tersebut, lalu dengan cara tertentu dapat memakainya untuk mencari alamat pemilik, nomor telepon, ataupun identitas pribadi lainnya.

Selain itu, kode booking ini juga bisa digunakan untuk membatalkan dan mengubah jadwal penerbangan tanpa diinfokan terlebih dahulu. Serta dapat juga menukar tiket dengan hal lainnya.

Itulah bahayanya jika kita memasang foto tiket pesawat di media sosial. Jadi, jangan suka pamer-pamer foto tiket pesawat lagi karena itu akan membahayakanmu!
Inilah Alasan Mengapa Memasang Foto Tiket Pesawat di Media Sosial Berbahaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top