Tuesday, January 3, 2017

Inilah Cara untuk Merasakan Nikmatnya Beribadah

Seorang umat Islam harus melaksanakan ibadah. Ibadah wajib yang dilakukan setiap hari adalah sholat lima waktu. Melalui sholat, seorang hamba dapat mengadu dan berdo'a kepada Allah Ta'ala, inilah cara seorang hamba berkomunikasi dengan Allah Ta'ala.

Melalui beribadah juga ternyata dapat menyejukkan dan menenteramkan hati. Namun, tak semua orang mendapatkan kenikmatan itu. Ada juga orang yang ibadahnya tak membekas, tak ada rasa tenteram, bahkan terasa sepi dan kosong. Lalu, bagaimana cara agar kita dapat merasakan nikmatnya beribadah?
Khusyu' beribadah / Gambar via rawstory.com

Inilah cara untuk merasakan nikmatnya beribadah:

  1. Menjauhkan Diri dari Dosa

    Dosa yang kita perbuat sudah tak terhitung banyaknya. Entah itu dosa kecil atau dosa besar. Dengan kita menjauhkan diri dari perbuatan dosa, maka kita akan semakin dekat dengan Allah Ta'ala. Jika kita merasa dekat dengan Allah Ta'ala, nikmatnya beribadah dapat kita rasakan.
  2. Menjadikan Ibadah sebagai Jalan Mendekati Allah Ta'ala

    Dekatkan diri kepada Allah Ta'ala melalui ibadah. Tujuan hidup kita adalah untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. Niatkan diri kita untuk mendapat kecintaan dari Allah Ta'ala ketika beribadah. Allah Ta'ala amat menyayangi hamba-Nya yang ikhlas beribadah.
  3. Berusaha Bersungguh-sungguh untuk Taat Kepada Allah Ta'ala

    Terkadang ada rasa ragu dan jauh dari Allah Ta'ala. Namun, kita harus mampu melawannya dan berusaha bersungguh-sungguh untuk tetap taat kepada Allah Ta'ala. Menghiraukan segala perasaan yang mengganggu khusyu' nya ibadah.
  4. Meyakini bahwa Ibadah Bernilai di Dunia dan Akhirat

    Tidak ada ibadah yang dilakukan sia-sia. Allah Ta'ala menjanjikan balasan setiap ibadah yang kita lakukan. Dan semua ibadah yang kita lakukan tak hanya baik di dunia, tapi juga menjadi bekal yang baik di akhirat.
  5. Menjadi Manusia Berakhlak Mulia

    Jangan berlebih-lebihan menuruti keinginan hati. Keinginan manusia tak akan ada puasnya. Oleh karena itu, jagalah hati dan perbuatan kita untuk selalu melakukan hal-hal yang mulia.
Itulah cara agar kita dapat merasakan nikmatnya beribadah. Semoga kita semua dapat menikmati indahnya beribadah, sehingga membuat hati kita tenang dan tenteram.
Inilah Cara untuk Merasakan Nikmatnya Beribadah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top