Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Wednesday, January 11, 2017

Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan sebelum dan Selama Berkendara!

Manusia tidak bisa terlepas dari berkendara. Setiap hari, ada saja kebutuhan yang mengharuskan kita berkendara ke suatu tempat, baik pergi bekerja, sekolah, atau ibu rumah tangga yang akan pergi ke pasar ataupun mengantar anaknya.

Berbicara mengenai berkendara, keselamatan adalah yang utama. Untuk mewujudkan keselamatan itu, pemerintah sudah membuat peraturan-peraturan dalam berkendara, yang tujuannya adalah untuk menciptakan keselamatan serta kenyamanan dalam berkendara.

Ketaatan pada peraturan lalu lintas juga tak lepas dari ajaran Islam dan keteladanan yang dicontohkan oleh Nabi. Ini bisa dijadikan komitmen oleh umat Islam untuk menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam.
Hal yang harus dilakukan dalam berkendara / Gambar via searchquarry.com
Berkendara tak hanya naik kendaraan dan langsung pergi. Ada hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum dan selama berkendara.

Inilah hal yang harus kamu lakukan sebelum dan selama berkendara:
  1. Berdo'a

    "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (pada hari kiamat).

    Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku.

    Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.
    " (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

    Berdo'a sebelum berkendara itu penting, agar kita selalu ingat pada Allah Ta'ala. Hal ini juga untuk menyadarkan kita bahwa bukan hanya kita yang memiliki kepentingan di jalan, melainkan ada orang lain yang juga berkepentingan.

    Oleh karena itu, ini juga dapat menjadi pengingat bagi kita agar tidak sombong dan selalu mengingat Allah Ta'ala.
  2. Memudahkan Sesama

    Ramainya jalanan membuat kita harus sabar dan memiliki sikap tenggang rasa terhadap sesama pengguna jalan. Hal ini akan menjadikan situasi aman, tanpa adanya adu balap, saling mendahului, yang malah akan menimbulkan kecelakaan atau pertengkaran.

    Keselamatan dan kelancaran perjalanan merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena itu, mempermudah perjalanan orang lain termasuk amal sholeh bagi kita.
  3. Jauhi Terburu-buru

    Terburu-buru termasuk perbuatan yang berasal dari setan, termasuk juga sifat tergesa-gesa ini. Jika kita memiliki aktivitas di pagi hari, kita harus bangun lebih awal. Alhamdulilah, Allah Ta'ala menetapkan waktu sholat subuh di saat fajar, jadi kita dapat bangun untuk sholat subuh dan menyiapkan diri berangkat beraktivitas.

    Jika kita dapat mengatur waktu dengan baik, segalanya tidak akan menjadi tergesa-gesa. Hal ini akan membuat kita santai di perjalanan, sehingga kita tidak terburu-buru yang malah dapat mengakibatkan kecelakaan.

    "Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai oleh Allah, yaitu sabar dan tidak terburu-buru." (HR. Bukhari)
Tiga hal inilah yang wajib kamu lakukan sebelum dan ketika berkendara. Karena hal ini akan menjadikanmu pengendara yang baik, baik bagi semua orang dan insyaAllah perjalananmu diridhoi oleh Allah Ta'ala.
 
Atas