Monday, January 16, 2017

Inilah Ikhtiar Pertama yang Dilakukan ketika Seorang Muslim Jatuh Sakit

Semua orang tentu pernah mengalami sakit, baik ringan maupun tidak. Sakit itu bermacam-macam, dan sebagai seorang muslim yang menyayangi tubuh sebagai bentuk bersyukur kepada Allah Ta'ala, ketika sakit pun harus segera diobati. Supaya cepat sehat dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

Ada sebuah kisah mengenai seorang dokter yang membuka praktek di Makkah. Dokter itu sudah 6 bulan membuka prakteknya, namun yang mengherankan tak ada satupun pasien yang datang. Ternyata setelah diselidiki, ternyata para pasien yang sakit melakukan ikhtiar sendiri. Seperti apa itu?
Ilustrasi Sakit / Gambar via holistichealthliving.com

Inilah ikhtiar pertama yang dilakukan ketika seorang muslim jatuh sakit:

  1. Sholat dua rakaat dan berdo'a memohon kesehatan pada Allah Ta'ala. InsyaAllah, Allah Ta'ala akan memberikan kesembuhan atas izin dan kasih sayang-Nya.
  2. Jika belum sembuh, membaca surat Al Fatihah atau surat-surat lain, tiupkan pada air minum lalu diminum.
  3. Kalau belum sembuh, bersedekahlah dengan niat mendapatkan pahala kebaikan dan jadikan sebagai jalan penyembuh penyakit.
  4. Jika masih belum sembuh, bacalah istighfar untuk bertaubat, karena Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah mengatakan bahwa sakit adalah salah satu sebab diampuninya dosa-dosa.
  5. Jika belum sembuh juga, barulah kita konsumsi obat, tapi yang alami yaitu dengan madu dan habbatussauda.
  6. Dan yang terakhir jika belum sembuh dengan cara sebelumnya adalah dengan mengkonsumsi herbal, seperti bawang putih, buah tin, zaitun, kurma, dan lainnya yang disebutkan dalam Al Qur'an.
Dan insyaAllah, atas izin Allah Ta'ala dan dengan keyakinan bahwa Allah Ta'ala akan memberi kesembuhan, kita dapat sembuh dari penyakit yang kita idap tanpa harus ikhtiar ketujuh, yaitu pergi ke dokter.

Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh Allah Ta'ala dan kemudahan dalam menyembuhkan penyakit. Aamiin.
Inilah Ikhtiar Pertama yang Dilakukan ketika Seorang Muslim Jatuh Sakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top