Monday, January 23, 2017

Inilah Kekuatan Ekstra yang Kamu Dapatkan setelah Menangis

Hati wanita lebih lembut daripada pria. Oleh karena itu, bukan hal yang langka ketika melihat wanita menangis, apalagi ketika hatinya sedih. Ketika senang pun terkadang wanita menitikkan air mata bahagianya. Setegar-tegarnya wanita, pasti ia pun juga akan menangis.

Biasanya, menangis selalu kita hindari karena hal tersebut membuat kita terlihat cengeng. Namun justru, setelah menangis kamu akan mendapatkan manfaat yang tidak akan kamu dapatkan jika tidak menangis. Apa saja itu?
Menangis / Gambar via steemit.com
Inilah kekuatan ekstra yang akan kamu dapatkan setelah kamu menangis:
  1. Menembus Dinding Emosional dengan Orang Lain

    Dengan menangis, kamu dapat mengubah pandangan buruk orang lain dan memperlihatka ketulusan untuk menciptakan perdamaian. Air mata yang kamu keluarkan dengan penuh ketulusan akan memcah dinding emosional dan hambatan mental, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
  2. Mematikan Racun di dalam Tubuh

    Di dalam air mata, terdapat protein bernama Lysozyme, yang dapat memecah dinding sel dan membunuh bakteri. Jadi, protein ini akan keluar dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh ketika kamu menangis.
  3. Mengubah Mood menjadi Baik

    Ketika wanita cemas, lelah, sedang banyak pikiran, mudah marah, serta perasaan tidak enak lainnya, ia sedang mengalami terlalu banyak kadar zat mangaan (Mn) dalam tubuh. Dengan menangis, kadar ini akan turun dan netral.

    Karena protein yang dikeluarkan ketika menangis sebanyak 24% lebih tinggi ini dapat mengangkut molekul mangaan keluar dari tubuh. Selain itu, bahan kimia seperti endorfin dan prolaktin juga akan berkurang. Hal itu menyebabkan perasaan menjadi mudah stabil dan mood akan membaik setelah menangis.
  4. Pikiran Jernih dan Lebih Kreatif

    Setelah menangis sejadi-jadinya, pikiranmu akan lebih tenang. Kamu merasa lega karena segala kegelisahan, kemarahan, dan rasa tidak enak lainnya dapat kamu hilangkan. Dengan pikiran yang tenang, maka kamu dapat berpikir lebih jernih lagi.
  5. Menyehatkan Mata dan Hidung

    Air mata yang keluar dari mata kita dapat membuat bola mata tidak kering. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi bola mata dan kelopak mata, sehingga mata kita lebih sehat.

    Selain pada mata, dampak menangis juga dapat dirasakan oleh hidung. Penyakit sinusitis yang menyerang saluran pernafasan dapat diatasi dengan menangis. Menangis dapat menjadi alternatif mengobati tekanan yang diakibatkan oleh penyakit sinusitis.
Itulah manfaat yang dapat kita rasakan setelah menangis. Jadi, menangis bukanlah hal yang harus dihindari, justru terkadang kita membutuhkan tangis. Tapi ingat, jangan terlalu berlarut dalam kesedihan. Karena setelah menangis kita harus bahagia kembali.
Inilah Kekuatan Ekstra yang Kamu Dapatkan setelah Menangis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top