Tuesday, January 17, 2017

Inilah Keunggulan Tahfidz Al Qur'an bagi Kecerdasan Anak

Sebagai kitab suci umat Islam, Al Qur'an sangat banyak manfaatnya. Di dalamnya berisi pedoman hidup, serta kebaikan-kebaikan lainnya bagi manusia.

Dalam sabdanya, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengatakan, "Orang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Al Bukhari dari Utsman bin Affan r.a)

Hadits ini mengajarkan kita bahwa derajat orang akan tinggi jika ia mempelajari dan mengajarkan Al Qur'an. Oleh karena itu, para orang tua jika ingin anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah, sudah sewajibnya memberi pengajaran Al Qur'an.
Tahfizh Al Qur'an / Gambar via Pinterest callingmuslims.com

Inilah keunggulan tahfidz Al Qur'an bagi kecerdasan anak

Menurut Dewan Kurikulum HSG Khoiru Ummah (Sekolah Tahfidz berbasis akidah Islam), Hr. Ir. Emmi Khairani, mengatakan bahwa cakupan mempelajarna Al Qur'an adalah beberapa hal. Hal tersebut antara lain tahfizh Al Qur'an (menghafal Al Qur'an), Qira'ah Al Qur'an (membaca Al Qur'an yang benar), ahasa Arab (sebagai Bahasa Al Qur'an), tafsir Al Qur'an (makna ayat), serta fiqih (hukum yang terkandung dalam Al Qur'an).

Dari pembelajarna tersebut, yang paling mudah menurut beliau adalah tahfizh Al Qur'an. Dimana kegiatan ini sangat mudah bagi anak karena program dapat dimulai sejak dini dengan teknik yang sangat sederhana. Cukup dengan mendengar dan mengucapkannya secara berulang-ulang. Yang paling penting adalah bacaannya harus benar.

Sejak bayi, program tahfizh Al Qur'an sudah dapat dilakukan. Namun masih hanya sebatas didengarkan oleh bayi, sedangkan pengucapannya menunggu sang bayi dapat berbicara.

Semakin insentif anak mendengarkan Al Qur'an setiap hari dan secara kontinu, maka hafalan Al Qur'an akan semakin mudah. Dan bukan hal yang mustahil jika anak dapat menghafal Al Qur'an 30 juz sebelum dewasa.

Para ilmuwan Islam yang berhasil menghafal Al Qur'an sebelum usianya dewasa pun banyak. Diantaranya ada Imam Syafi'i yang sudah hafal Al Qur'an di usia 7 tahun dan ketika berusia 17 tahun sudah menjadi mufi/ahli hukum (rujukan masyarakat untuk menyelesaikan persoalan berdasarkan hukum Islam).

Yang ketiga adalah Imam Ath Thabari, yang hafal Al Qur'an di usia 7 tahun. Di usia yang sama juga ada Ibnu Khaldun, dimana usia 7 tahun menjadi berkah baginya karena sudah hafal Al Qur'an.

Kemudian ada Umar bin Abdul Aziz, yang merupakan kholifah di masa Bani Umayyah dan seorang ahli ekonomi yang sangat hebat di dunia, bahkan ia dapat memakmurkan negara dan bangsanya hanya dalam waktu 29 bulan!

Orang-orang hebat itu membuktikan bahwa menghafal Al Qur'an adalah realitas yang dapat dibuktikan mudah bagi anak-anak. Yang terpenting adalah melakukannya secara konsisten dan kontinu.

Selamat mencoba!
Inilah Keunggulan Tahfidz Al Qur'an bagi Kecerdasan Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top