Sunday, January 8, 2017

Inilah Manfaat jika Kita Mendengar Adzan

Adzan adalah seruan bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat. Bersyukur bagi kita umat Islam di Indonesia karena kita dapat mendengarkan adzan 5 kali dalam sehari.

Hal ini dikarenakan adzan tak hanya sebuah seruan, tapi di dalamnya terdapat menfaat yang sangat baik bagi diri kita. Apa saja itu?
Adzan / Gambar via wunc.org
Inilah manfaat jika kita mendengar adzan:
  1. Diam Mendengarkan Adzan dapat Menenangkan Pikiran

    Diam dan mendengarkan ketika adzan dapat membuat pikiran lebih tenang. Hati menjadi sejuk, terlebih di tengah kesibukan yang sedang kita lakukan.
  2. Sebagai Pengingat Diri

    Ketika kita tengah sibuk, terdengar suara adzan. Ini sebagai pengingat bahwa kita adalah makhluk Allah Ta'ala, yang harus selalu ingat kepada-Nya. Agar kita sadar bahwa suatu saat nanti kita juga akan kembali kepada-Nya.
  3. Membuka Peluang Terkabulnya Do'a

    Jangan menyianyiakan adzan dan berdo'alah ketika adzan. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Ada dua yang tidak tertolak dan jarang tertolak; do'a pada saat adzan dan do'a tatkala perang berkecamuk." (HR. Abu Dawud, Baihaqi, dan Hakim)
  4. Balasannya Surga

    Siapa yang ingin masuk surga? Tentu saja semua orang ingin masuk surga karena surga adalah tempat paling menyenangkan yang dapat dihuni manusia. Orang yang mendengarkan adzan serta yakin atas apa yang diucapkannya, maka dia mendapat janji surga dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

    Hadits dari Abu Hurairah, ia berkata, "Pernah ketika kami sedang bersama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, Bilal bangkit untuk menyerukan adzan. Tatkala Bilal diam, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa yang mengucapkan seperti ucapannya muadzin diserta dengan keyakinan, maka ia pasti masuk surga." (HR. An Nasa'i no. 674, dihasankan Al Imam Al Albani dalah sunan An Nasa'i).

    Tatkala Bilal diam, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa yang mengucapkan seperti ucapannya muadzin disertai dengan keyakinan, maka ia pasti masuk surga." (HR. An Nasa'i no. 674, dihasankan Al Imam Al Albani dalam Shahih Sunan An Nasa'i).
Wallahu a'lam bishawab.
Inilah Manfaat jika Kita Mendengar Adzan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top