Monday, January 9, 2017

Inilah Persahabatan yang Diberkahi oleh Allah Ta'ala

Setiap manusia memerlukan teman yang dekat dengannya. Teman yang dapat membuatnya tenang dan selalu mengisi hari-harinya bersama.

Kita bisa berteman dengan siapapun, tapi untuk menjalin persahabatan kita tidak bisa mengajak semua orang. Sahabat adalah teman yang benar-benar dipercaya, teman yang selalu ada kala susah dan duka, teman yang menasehati kita ketika kita salah dan mengajak kita berbuat kebaikan.
Persahabatan / Gambar via comedymood.com

Berikut ini adalah tipe-tipe dari persahabatan:

  1. Ta'aruffan, adalah persahabatan yang terjalin karena pertemuan yang tak sengaja, misalnya di stasiun, bank, dan lainnya.
  2. Taariihan, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya pernah kost bersama, satu almamater, atau teman sekampung yang sudah lama tak bertemu.
  3. Ahammiyyatan, yaitu persabatan yang terjalin karena ada kepentingan tertentu, misalnya bisnis, politik, dan lain sebagainya.
  4. Faarihan, yaitu persahabatan yang terjalin karena kesamaan hobi, misalnya teman futsal, tenis, travelling, dan lainnya.
  5. Amalan, yaitu persahabatan yang terjalin karena satu profesi, misalnya sama-sama bekerja sebagai polisi, tentara, dan lainnya.
  6. Aduwwan, ini adalah tipe sahabat yang berbahaya, yaitu sahabat tapi musuh. Di depan baik tapi sebenarnya hatinya penuh benci, tidak senang dengan kesuksesan kita namun senang dengan penderitaan kita.
  7. Hubban Iimaanan, yaitu sebaik-baik sahabat. Dimana persahabatan ini adalah ikatan lahir batin, bertemu karena Allah Ta'ala, berpisah karena Allah Ta'ala, tulus saling cinta dan sayang karena Allah Ta'ala. Saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan selalu mendo'akan yang terbaik bagi sahabatnya.
"Sungguh seseorang di akhirat akan dikumpulkan bersama siapa yang ia cintai di dunia", demikian kabar Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Dari 7 macam tipe sahabat tersebut, 1-6 akan sirna di akhirat, yang tersisa hanya tipe ke-7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah Ta'ala (QS 49:10). 

"Sahabat yang terbaik adalah; seseorang yang dengan melihatnya mengingatkan kita kepada Allah Ta'ala, seseorang yang dengan perkataannya bertambah amal kebaikan kita, seseorang yang dengan amal-amalnya mengingatkan kita kepada akhirat." (Disarikan dari HR. Abu Ya'la)

Ada kisah persahabatan, ada seorang remaja perempuan yang menjalin persahabatan dengan beberapa teman yang berlainan suku. Mereka bertemu di salah satu universitas. Meskipun berbeda suku, tapi mereka tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Jadi, jalinlah persahabatan hanya dengan orang-orang yang dapat menuntunmu ke arah kebaikan. Sahabat yang dapat membuatmu lebih mencintai Allah Ta'ala.

Semoga, Allah Ta'ala selalu memberikan karunia berupa sahabat yang baik dan membawa kebaikan, Aamiin.

Inspirasi : K.H. Muhammad Arifin ilham
Inilah Persahabatan yang Diberkahi oleh Allah Ta'ala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top