Sunday, January 29, 2017

Inilah Tips agar tidak Putus Asa ketika Berdo'a Kepada Allah Ta'ala

Ketika dilanda musibah atau ketika ingin meminta pertolongan, satu-satunya yang dapat menolong adalah Allah Ta'ala. Namun, ketika seseorang meminta pertolongan kepada Allah Ta'ala tak kunjung ada jalan, muncullah rasa putus asa pada dirinya.

Padahal, Allah Ta'ala melarang hamba-Nya berputus asa karena yang muda berputus asa adalah orang-orang kafir. Dalam Surat Yusuf ayat 12, Allah Ta'ala berfirman, "...dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir."
Berdo'a kepada Allah Ta'ala / Gambar via larrypatten.com
Inilah tips agar tidak putus asa ketika berdo'a kepada Allah Ta'ala:
  1. Senantiasa Bersabar dan tidak Tergesa-gesa

    Dalam berdo'a janganlah tergesa-gesa, lakukalah dengan sabar. Karena sejatinya do'a adalah penyerahan urusan, bukan penuntutan semua permasalahan dapat terselesaikan. Jika kepada manusia saja permintaan harus dilakukan dengan sabar, apalagi dengan Allah Ta'ala.
  2. Terus Mendekatkan Diri Kepada Allah Ta'ala

    Jika do'a tak kunjung dikabulkan, kamu seharusnya lebih mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Bukannya menjauh dan melakukan perbuatan yang dibenci Allah Ta'ala. Mulailah dengan mendirikan sholat tepat waktu, mendirikan sholat sunnah, mengaji, banyak berdzikir.
  3. Menjadikan Sholat dan Sabar sebagai Penolong

    Dalam surat Al Baqarah ayat 153, Allah Ta'ala berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

    Sudah jelas jika Alah Ta'ala memerintahkan kita untuk sabar dan terus menunaikan sholat supaya Allah Ta'ala memberikan pertolongan untukmu.
  4. Allah Ta'ala Maha Mendengar Segala Keluh Kesah Kita

    Ucapkanlah nama Allah Ta'ala sebelum berdo'a supaya hati dan keyakinan kita mantap kepada-Nya. Allah Ta'ala adalah As-Sami' yang berarti Maha Mendengar. Allah Ta'ala adalah sebaik-baik pendengar atas segala keluh kesah kita meski kita hanya mengucapkannya di dalam hati.
  5. Allah Ta'ala Maha Menyempitkan

    Yakinkanlah pada hati kita bahwa selalu ada solusi dan hikmah dibalik semua kesulitan. Segala permasalahan menjadi sempit sesungguhnya berasal dari Allah Ta'ala dan Allah Ta'ala pula yang melapangkannya karena sifat-Nya adalah Al Basit (Maha Melapangkan).
  6. Allah Ta'ala Maha Melihat Kesulitan Kita

    Allah Ta'ala adalah Al Bashir (Maha Melihat). Segala kesulitan kita selalu terlihat oleh Allah Ta'ala. Ketika kita menangis dan bersedih ketika berdo'a, yakinlah bahwa Allah Ta'ala Maha Melihat. Jikapun kesulitan masih ditangguhnya, itu artinya Allah Ta'ala ingin kita lebih dekat dan terus dekat kepada-Nya.
  7. Menyibukkan Diri

    Keputusasaan dalam diri akan semakin kita rasakan jika kita terus memikirkannya. Oleh karena itu, sibukkanlah dirimu dan isilah dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya bekerja, melakukan kegiatan sosial, mendatangi majelis-majelis, dan kegiatan bermanfaat lainnya.
  8. Mengetahui Proses Dikabulkannya Sebuah Do'a

    Setiap orang pasti menginginkan do'a yang ia panjatkan dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Padahal, ada beberapa jalan dikabulkan atau tidaknya suatu do'a itu. Pertama, Allah Ta'ala akan mengabulkan do'a seperti yang dipanjatkan.

    Kedua, do'a akan dikabulkan namun menunggu waktu yang tepat menurut Allah Ta'ala. Dan yang ketiga, Allah Ta'ala menundanya di akhirat atau menggantinya dengan perkara yang lebih baik menurut-Nya.
Itulah tips agar kamu tidak putus asa ketika berdo'a kepada Allah Ta'ala. Percayalah, Allah Ta'ala akan memberikan yang terbaik bagimu karena Dia Yang Maha Mengetahui. Jadi, berbaik sangkalah pada Allah Ta'ala.
Inilah Tips agar tidak Putus Asa ketika Berdo'a Kepada Allah Ta'ala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top