Saturday, January 28, 2017

Inilah Tips Ampuh Hindari Kejaran dan Gigitan Anjing ketika Bertemu Anjing!

Kebanyakan orang mungkin takut dengan anjing liar. Entah itu takut digonggongi, dikejar, digigit, serta takut terkena air liurnya. Bagi umat Islam jika terkena air liur anjing, maka wajib bersuci, karena termasuk najis besar. Dan bersucinya pun tidak seperti bersuci biasa. Dicuci sebanyak 7 kali dan salah satunya dicampur debu.

Tapi terkadang, karena terlalu panik kamu malah melakukan tindakan yang justru memancing emosi sang anjing, sehingga kamu dikejar, digonggongi, atau bahkan digigit. Tidak mau kan?

Beruntung para cynologist (ahli yang mempelajari ilmu tentang anjing), memberikan tips supaya kamu tidak diperlakukan buruk oleh anjing. Apa saja itu?
Anjing galak / Gambar via cesarsway.com
Inilah tips ampuh hindari kejaran dan gigitan anjing:
  1. Pelankan Langkah dan Berjalan seperti Biasa

    Kalau kamu sedang berlari lalu ketemu anjing, jangan teruskan larimu. Berjalanlah perlahan sambil meninggalkan sang anjing. Larimu akan memancing anjing untuk ikut berlari. Kamu bisa sambil merentangkan tanganmu untuk membuat anjing tidak tertarik lagi padamu.
  2. Alihkan Perhatiannya dengan Benda Lain

    Manfaatkan benda yang kamu pegang atau yang berada di dekatmu. Benda-benda ini bisa menolongmu dengan cara melemparkannya. Anjing akan tertarik dengan benda tersebut. Dan selagi anjing mencari benda yang kamu lempar, kamu bisa melarikan diri yang tentunya melarikan diri tanpa harus berlari.
  3. Hindari Kontak Mata Langsung

    Melakukan kontak mata langsung dengan anjing membuat anjing lebih agresif. Karena bagi anjing, itu adalah ancaman dan hal itu menjadikan alasan anjing untuk menyerangmu. Sebaiknya, jangan melakukan kontak mata langsung dengan anjing.
  4. Jangan Panik

    Yang terpenting adalah jangan panik! Karena anjing dapat merasakan ketakutan yang ada pada diri manusia. Hal ini menyebabkan kamu melakukan hal yang justru memancing emosi anjing, seperti berteriak, berlari, menggerakkan lengan, atau hal yang memancing emosi lainnya.
Meskipun anjing liar termasuk hewan yang buas, senang mengejar orang, menggigit, atau menggonggongi, tapi kita tetap tidak boleh melukainya. Boleh menghindar, asalkan jangan membuat hewan terluka ya!
Inilah Tips Ampuh Hindari Kejaran dan Gigitan Anjing ketika Bertemu Anjing! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top