Monday, January 2, 2017

Inilah Tips Membuat Kesan Pertama yang Baik tanpa Terkesan Sok Tahu dan Sok Asyik

Bersosialisasi itu gampang-gampang susah. Tak hanya bagi introvert, tapi terkadang para ekstrovert juga kesulitan untuk memulai pertemanan.

Memulai pertemanan baru terkadang menjadi serba salah. Jika kita diam dan setuju, dikira tidak asyik, namun jika selalu menimpali dikira sok tahu dan sok asyik.
Ngobrol dengan teman / Gambar via tiptoptens.com
Kunci utama dari memulai pertemanan adalah saat pertama kali kita kenalan. Jika memang dari awal niatan hanya bertemu satu dua hari, meninggalkan kesan aneh tidak terlalu masalah, mungkin mereka juga akan lupa. Tapi, jika kamu akan berada di lingkungan itu dalam waktu yang lama, kamu perlu intropeksi diri.

Inilah tips membuat kesan pertama yang baik tanpa terkesan sok tahu dan sok asyik:
  1. Perluas Wawasan, Jadilah Orang yang Tahu Banyak Hal

    Sebelum masuk ke lingkungan baru, kamu perlu tahu pembicaraan apa yang sekiranya sering mereka bicarakan. Misalnya kamu akan berteman dengan orang-orang yang pandai pasar modal, setidaknya kamu sedikit tahu mengenai pasar modal, agar pembicaraan nyambung dan kamu terlihat mengerti.
  2. Bicaralah Sesuai dengan Karakter Lingkungan Barumu

    Lihat dulu lingkunganmu seperti apa, jika kamu berada di lingkungan dengan orang-orang yang santai, janganlah kamu terlihat sok pintar dengan bahasa-bahasa ilmiah. Pakailah baju yang sesuai juga dengan mereka, misalnya mereka sering memakai kaos, sesuaikan juga gaya berpakaianmu, jangan terlalu terlihat nyentrik dengan baju aneh.
  3. Ambil Inisiatif untuk Memulai Pembicaraan Boleh, Asal jangan Egois

    Jika kamu seorang yang ekstrovert dan tidak tahan ingin berbicara di depan umum, maka tak ada salahnya untuk memulai pembicaraan. Namun, jangan sampai kamu dominan pada pembicaraan, beri kesempatan pada orang lain untuk menyampaikan pendapat mereka juga.
  4. Jika Pembicaraan Melebar, jangan Ragu untuk Bertanya

    Jika teman-temanmu mulai berbicara hal yang tidak kamu ketahui dan menggunakan istilah-istilah asing bagimu, jangan ragu untuk bertanya. Karena jika tidak ditanyakan, maka selanjutnya kamu akan kebingungan dan tidak nyambung.
  5. Carilah Kesempatan untuk Masuk lagi ke Percakapan

    Jangan hanya diam ketika kamu tidak mengerti pembicaraan, hal ini akan membuatmu terlihat tidak asyik. Cobalah utarakan apa yang kamu ketahui tentang pembicaraan dan sekiranya menarik perhatian teman-temanmu.
Itulah tips agar kamu dapat meninggalkan kesan pertama yang menyenangkan. Selamat mencoba!
Inilah Tips Membuat Kesan Pertama yang Baik tanpa Terkesan Sok Tahu dan Sok Asyik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top