Monday, January 9, 2017

Inilah Tips Menjaga Diri agar Tetap Produktif dan Semangat

Bekerja tentu saja memerlukan tubuh yang fit agar dapat berpikir jernih dan menelurkan ide-ide kreatif. Namun, manusia bukanlah robot yang dapat bekerja terus menerus tanpa henti. Manusia memiliki titik dimana ia sangat bosan, mengantuk, semangat down, dan malas melakukan apapun.

Biasanya kalau sudah begini, kita akan minum kopi agar tidak mengantuk lagi. Tapi, apakah harus selalu mengatasinya dengan kopi? Tentu tidak karena kopi juga akan memberikan efek samping jika dikonsumsi sangat sering.

Inilah tips menjaga diri agar tetap produktif dan semangat:
  1. Jangan Minum Kopi Terus

    Kopi mengandung kafein yang dapat mempengaruhi sistem syaraf, inilah yang membuat jantung kita berdegup lebih kencang setelah mengkonsumsi kopi. Efeknya kita jadi melek dan tidak mengantuk. Namun, efek jangka panjang sangat buruk bagi kesehatan.
    Jangan minum kopi terus / Gambar via likesuccess.com
    Oleh karena itu, kurangi minum kopi dan jangan biasakan tubuh mengkonsumsi kopi. Kamu bisa mulai dengan menggunakan pengharum ruangan aroma kopi atau luluran dengan kopi. Kebiasaan minum kopimu dapat berkurang dengan cara ini.
  2. Bergaul dengan Orang-orang yang Tepat

    Bergaul dengan orang yang tepat / Gambar via blog.xome.com
    Jangan salah bergaul, memang pertemanan tak perlu pilih-pilih. Namun, jika teman itu merusak mimpi, karir, dan kesuksesanmu, maka tinggalkanlah. Karena kamu malah akan terpuruk dengan teman seperti itu. Sebaiknya, bergaullah dengan orang yang selalu mendukungmu dalam meraih kesuksesan.
  3. Istirahat yang Cukup

    Istirahat cukup / Gambar via cheatsheet.com
    Tak hanya bayi yang membutuhkan istirahat cukup, orang dewasa pun membutuhkan setidaknya 7 jam untuk tidur malam. Oleh karena itu, jangan biarkan tubuhmu terforsir terus dan melupakan istirahat.
  4. Tetap Aktif Bergerak

    Tetap aktif bergerak / Gambar via escapefitness.com
    Jangan terpaku duduk terus di meja kerja, sesekali bergeraklah. Kamu juga bisa memulainya dengan bersepeda atau berjalan menuju kantor. Atau kamu bisa gunakan tangga daripada lift untuk menuju ruanganmu.
  5. Lakukan Apa yang Membuatmu Bahagia

    Kerja sangat giat bahkan sampai lembur untuk mengejar target memang dapat membuat rekeningmu gendut dan disukai atasan. Namun, jangan terlalu ngotot bekerja tapi kamu tidak mendapatkan kebahagiaan. Justru yang didapatkan adalah sakit.
    Lakukan hal yang membuatmu senang / Gambar via tbo.com
    Oleh karena itu, lakukanlah hal yang membuatmu bahagia, misalnya selepas kantor kamu bisa menonton film, makan makanan yang kamu suka, pergi ke toko buku, atau hal lain yang membuatmu bahagia sehingga stres dapat terobati.
  6. Lakukan Sesuatu yang Baru

    Lakukan sesuatu yang baru / Gambar via talkroute.com
    Rutinitas tentu akan membuatmu bosan. Cobalah hal baru, misalnya pergi ke kantor dengan rute yang berbeda. Atau jika kamu biasa menggunakan kendaraan pribadi ketika pergi ke kantor, cobalah kali ini naik bus atau kereta agar kamu dapat merasakan sensasinya.
  7. Berpikir saat Makan

    Berpikir saat makan bukan maksudnya berkhayal atau memikirkan tugas kantor yang begitu banyaknya. Namun, pikirkan tentang makanan yang kamu makan itu. Bagaimana makanan ini diperoleh, apakah makanan yang kamu konsumsi berasal dari bahan yang tepat, apa kandungan gizi di dalamnya, dan lainnya. Hal semacam ini disebut sebagai mindful eating.
    Mindful eating / Gambar via besthealthmag.ca
    Mindful eating telah dibuktikan dapat membantumu lebih bersemangat dan menguragi stres. Kabar baik bagi kaum hawa bahwa mindful eating juga dapat membantu mengurangi berat badan.
Itulah tips agar semangatmu tetap terjaga dan produktivitasmu tidak menurun!
Inilah Tips Menjaga Diri agar Tetap Produktif dan Semangat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top