Thursday, January 12, 2017

Inilah Tips Supaya Menghafal Al Qur'an Terasa Nikmat

Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam. Membaca Al Qur'an adalah ibadah, yang tentu saja ketika membacanya akan memberikan pahala bagi kita.

Selain dibaca, dipahami, dan dihayati, Al Qur'an juga boleh untuk dihafalkan. Menghafal Al Qur'an juga bukan hal yang asing lagi sekarang, karena sudah banyak yang melakukannya.

Sayangnya, menghafal Al Qur'an dapat menjadi hal yang kering makna karena tidak dinikmati oleh penghafalnya. Untuk itu, supaya menghafal Al Qur'an terasa nikmat, ada tips yang dapat kamu lakukan.
Membaca Al Qur'an / Gambar via alnoorlearning.org
Inilah tips supaya menghafal Al Qur'an terasa nikmat:
  1. Menghafal tidak Harus Hafal

    Kemampuan menghafal dan mengingat setiap orang berbeda. Target menghafal bukanlah ujung ayat, tapi bagaimana kita menghabiskan waktu yang sudah kita agendakan hanya untuk menghafal.

    Bahkan, imam besar dalam ilmu qiroat, guru dari Hafs, yang mana bacaan kita merujuk pada riwayatnya yaitu Imam Asim, menghafal Al Qur'an dalam waktu 20 tahun!
  2. Bukan untuk Diburu-buru dan bukan untuk Ditunda-tunda

    Jika sudah menetapkan waktu satu jam untuk menghafal, maka gunakanlah waktu tersebut sebaik-baiknya. Jangan buru-buru untuk mengganti ayat jika memang ayat pertama belum hafal. Nikmati saja setiap ayatnya. Serta jangan ditunda-tunda dan manfaatkan waktu satu jam itu dengan sebaik-baiknya.
  3. Menghafal bukan untuk Khatam, tapi untuk Setia pada Al Qur'an

    Menghafal Al Qur'an tujuannya adalah untuk tetap setia pada Al Qur'an, untuk selalu mengamalkannya. Jadi, bukan untuk terburu-buru khatam dan setelah itu tidak mengkhatamkannya lagi. Jangan jadikan Al Qur'an sebagai beban karena tuntutan khatam, tapi sebaiknya kita harus bersyukur ketika menghafal.
  4. Senang Dirindukan Ayat

    Ketika kita tak kunjung hafal suatu ayat, maka jangan putus asa. Bisa jadi ayat tersebut sedang merindukan kita. Bacalah berulang-ulang, jika belum juga hafal, baca juga terjemahannya karena mungkin saja ayat tersebut adalah jawaban dari pertanyaan kita.
  5. Menghafal Sesuap-sesuap

    Sama halnya dengan makan, kita juga harus bisa menyesuaikan dengan porsi kita. Makan sesuap-sesuap sambil menikmati tentu akan menyenangkan. Seperti halnya dengan menghafal Al Qur'an, hafalkanlah sesuap-sesuap sesuai kemampuan kita.
  6. Fokus pada Perbedaan, Abaikan Persamaan

    Ada beberapa ayat di dalam Al Qur'an yang bunyinya sama dengan ayat di surat lain. Jadi, kita hanya perlu menghafal satu kali saja dan memperhatikan ayat lain yang menjadi penghubungnya.
  7. Mengutamakan Durasi

    Berkomitmenlah pada durasi, bukan pada banyaknya ayat yang akan kita hafalkan. Jika awalnya satu jam, maka lakukanlah satu jam itu untuk menghafal dengan baik.
  8. Pastikan Ayatnya Bertajwid

    Dalam hal yang berhubungan dengan Al Qur'an, baik itu membaca, mempelajari, mentadabburi, menghafal, carilah guru yang pandai di bidang tersebut. Jangan otodidak untuk hal yang berhubungan dengan Al Qur'an.

    Apalagi menghafal, jika tidak tahu tajwidnya, maka carilah guru yang dapat membimbingmu. Jika dari awal tajwidnya sudah salah, maka seterusnya akan sulit diubah. Dan tentu saja hal itu berbahaya karena salah bacaan maka akan salah dalam pengartian.
 Berdo'alah pada Allah Ta'ala agar proses khatam Al Qur'an kita selalu dimudahkan oleh-Nya.
Inilah Tips Supaya Menghafal Al Qur'an Terasa Nikmat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top