Wednesday, January 11, 2017

Kondisi Kesehatan Kita Bisa Ditunjukkan Melalui Warna Dahak loh!

Dahak tidak hanya kita produksi ketika batuk saja, tapi ketika sehat pun dan dalam setiap harinya kita memproduksi dahak sekitar 1 - 1,5 liter. Bisa dikatakan bahwa kita adalah mesin pembuat dahak.

Pumonologist di The Ohio State University Wexner Medical Center, Dr. Matthew Exline, mengatakan bahwa dahak dalam kondisi sehat berwarna bening dan kuantitasnya minimum. Saat batuk, seseorang akan memproduksi dahak dalam jumlah yang signifikan, dan mungkin saja menandakan infeksi atau alergi termasuk juga tanda pada warna dahak.
Batuk / Gambar via s3.amazonaws.com
Inilah warna dahak yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan kita:
  1. Putih atau Abu-abu

    Dahak berwarna putih atau abu-abu mengindikasikan adanya infeksi saluran pernafasan atau sinus. Biasanya, dahak tidak menetes keluar, tapi ketika ada peradangan maka dahak dapat menuju tenggorokan. Hal ini dapat menandakan bahwa tubuh sedang berusaha menyingkirkan resin atau ter dari rokok ataupun polutan yang ada pada tubuh.
  2. Hijau atau Kuning Tua

    Dahak berwarna kuning ataupun hijau biasanya menandakan adanya ifeksi virus atau bakteri, infeksi sinus, atau infeksi saluran pernafasan bawah. Biasanya hal ini terjadi ketika tubuh mengirim sel darah putih atau neutrofil ke daerah infeksi.

    Namun, tak selalu dahak berwarna kuning atau hijau ini menandakan infeksi karena berdasarkan penelitian bahwa 59 dari 100 sample dahak hijau mengandung bakteri dan hanya 46 dari 100 sampel dahak kuning yang mengandung bakteri.
  3. Cokelat

    Biasanya perokok yang memiliki lendir berwarna kecokelatan, karena resin, tar, dan partikel lainnya dalam rokok bercampur dengan dahak. Jikapun bukan karena rokok, itu dikarenakan makanan yang dikonsumsi yaitu kopi atau cokelat.
  4. Merah Muda

    Jika kamu menemukan dahakmu berwarna merah muda, ini merupakan indikator adanya edema paru atau cairan berlebih pada paru-paru. Jika tekstur berbusa, bisa jadi merupakan tanda ada masalah pada jantung.
  5. Berdarah

    Adanya darah pada dahak menandakan adanya penyakit bronkitis, TBC, pneumonia, kanker, atau emboli paru. Jadi jika menemukan hal demikian, mencari bantuan medis akan lebih baik dan dapat segera menangani kondisi tubuh.
Jadi, perhatikan warna dahak karena dapat memberi tanda bagi kelainan kesehatan tubuh.
Kondisi Kesehatan Kita Bisa Ditunjukkan Melalui Warna Dahak loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top