Friday, January 13, 2017

Lamaran Kerja Ditolak? Inilah Solusinya!

Mencari dan mendapatkan pekerjaan bukanlah perkara yang mudah. Apalagi dengan persaingan para pencari kerja yang kompetitif. Bahkan saking sulitnya, orang menjadi kurang idealis dalam mencari pekerja, asal masuk kualifikasi meskipun tak sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil.

Lamaran kerja ditolak memang menyedihkan, terlebih ketika sudah sampai pada tahap wawancara yang merupakan gerbang bagi para pelamar untuk selangkah lagi dapat diterima kerja. Jadi, agar kamu tidak berlarut dalam kesedihan dan menjurus pada depresi, kamu bisa mengatasi kekecewaan tidak diterima kerja dengan tips di bawah ini.
Lamaran kerja ditolak / Gambar via thebalance.com
Inilah solusi ketika lamaran kerja ditolak:
  1. Evaluasi

    Sebagian ahli memperbolehkan kita untuk menanyakan perihal mengapa lamaran ditolak, terlepas dari apakah pesan akan dibalas atau tidak. Jika tidak, kamu bisa mengevaluasi diri sendiri mulai dari cara penulisan CV, cara berpakaian, cara berbicara, dan hal lainnya. Atau kamu juga bisa menanyakan pada yang lebih ahli.
  2. Sibukkan Diri

    Depresi yang kamu alami bisa saja terjadi karena banyaknya waktu luang yang kamu miliki. Sebaiknya, isi waktu luang itu dengan kegiatan seperti bergabung menjadi relawan di acara sosial, magang di bidang karier yang ingin ditekuni, atau bekerja menjadi freelancer.

    Dengan begitu, kamu akan mendapatkan relasi dengan banyak orang yang nantinya bisa menjadi jalan bagimu untuk memperoleh pekerjaan.
  3. Jangan Salahkan Diri Sendiri

    Jangan selalu menyalahkan diri sendiri karena lamaran kerja ditolak. Ditolaknya lamaran kerja bisa jadi karena banyak faktor, bukan hanya karena kesalahanmu. Oleh karena itu, jika kamu mau bersabar mempelajari kesalahan, maka karir yang tepat akan datang tepat pada waktunya.
  4. Fokuskan Diri Kembali

    Rasa kecewa memang wajar dirasakan, namun jangan terlalu berlarut dalam kekecewaan. Sebaiknya segeralah fokus pada hal yang dapat membesarkan hatimu.

    Evaluasi lagi apakah kamu benar-benar cocok di bidang tersebut, dengan begitu kamu bisa melihat potensi yang sebenarnya kamu miliki. Dan di kemudian hari, carilah pekerjaan sesuai dengan potensimu itu.
Itulah solusi agar kamu tidak terlalu sedih ketika lamaran kerja ditolak. Ingat, satu perusahaan menolakmu, akan ada banyak perusahaan menantimu. Jadi, jangan pernah berhenti dan putus asa!
Lamaran Kerja Ditolak? Inilah Solusinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top