Wednesday, January 11, 2017

Makanan Berisiko Sebabkan Keracunan, Inilah Tips Mengolahnya!

Keracunan bukanlah hal yang luar biasa terjadi, melainkan sudah sering kita ketahui. Kasus keracunan makanan ini bukan hanya diakibatkan oleh makanan dalam kemasan yang sudah kadaluarsa, namun juga makanan olahan.

Kita merasa apa yang kita lakukan pada makanan sudah benar, tapi pada kenyataannya masih salah. Malah justru kesalahan itu dapat menimbulkan keracunan, padahal makanannya tidak berpotensi menyebabkan keracunan.

Inilah tips mengolah makanan agar tidak menyebabkan keracunan:
  1. Hanya Mencuci Buah yang Kulitnya Bisa Dimakan

    Cuci semua buah baik yang dapat dimakan atau tidak kulitnya / Gambar via moderfarmer.com
    Biasanya kita akan mencuci buah hanya yang kulitnya bisa dimakan, seperti stroberi, tomat, atuapun paprika. Namun ternyata, buah seperti melon atau semangka juga harus dicuci karena bakteri dapat berpindah dari kulit ke daging buah melalui pengupasan. Bahkan buah yang dapat dimakan kulitnya pun sebaiknya dikupas terlebih dahulu.
  2. Memanggang Daging hingga Warna Merahnya Hilang

    Mata kita tidak dapat digunakan untuk menentukan apakah daging itu sudah matang atau belum. Misalnya daging yang baru dikeluarkan dari kulkas akan cepat berwarna cokelat, sedangkan daging cincang akan dapat mempertahankan warna merahnya.
    Daging panggang / Gambar via reluctantgourmet.com
    Cara yang paling tepat untuk mengetahui tingkat kematangan daging adalah dengan menggunakan termometer daging. Jika termometer sudah menunjukkan suhu 71 derajat atau lebih, artinya daging sudah matang. Agar tidak terjadi kontaminasi, cuci dahulu termometer jika ingin menggunakannya lagi.
  3. Langsung Mencuci Sayuran setelah dari Pasar

    Setelah pulang dari pasar atau supermarket, jangan langsung mencuci sayuran jika memang tidak ingin langsung dimasak. Yang benar adalah cuci saat sebelum dimasak. Karena jika langsung dicuci dan disimpan di lemari pendingin, akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan mikroba.
    Jangan langsung mencuci sayuran setelah dibeli / Gambar via pritikin.com
    Serta jangan mencuci dengan sabun karena dapat meninggalkan residu berbahaya. Cucilah dengan air bersih saja.
  4. Meninggalkan Sisa Makanan di atas Kompor Menyala

    Biasanya kita memang membiarkan makanan berada di atas kompor agar tetap hangat. Namun, cara itu justru salah. Jika ingin menghangatkan makanan, hangatkan saja ketika akan dimakan dan seblumnya simpanlah dalam kulkas.
    Jangan meninggalkan makanan di atas kompor menyala / Gambar via lovethiscrazylife.com
    Namun ingat, kulkas pun jangan sampai penuh oleh makanan karena udara dingin tidak dapat keluar secara efisien. Yang baik adalah sisa makanan yang masih hangat disimpan dalam wadah kecil dan tidak terlalu tinggi, agar makanan lebih cepat dingin.
Itulah cara mengolah makanan supaya tidak menimbulkan racun.
Makanan Berisiko Sebabkan Keracunan, Inilah Tips Mengolahnya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top