Friday, January 20, 2017

Manakah yang Lebih Untung, Membeli Mobil Baru atau Bekas?

Membeli mobil kini lebih mudah, karena banyaknya tawaran diskon dan kemudahan dalam membelinya. Jadi, memudahkan semua orang untuk dapat memiliki mobil.

Biasanya, hal yang memusingkan calon pembeli mobil adalah memilih manakah yang lebih baik antara mobil baru atau bekas? Sebelum memutuskan manakah yang lebih baik, sebaiknya kamu perhatikan dulu tiga hal berikut ini.
Mobil baru atau bekas? / Gambar via cnbc.com
Inilah tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil baru atau bekas:
  1. Harga

    Sesuaikan harga dengan uang yang kamu miliki. Jangan sampai gengsi yang akan mempersulitmu membayar cicilan mobil nantinya. Mobil bekas dapat menjadi pilihan asalkan harganya tidak memberatkan budget yang kamu miliki.
  2. Waktu Beli Mobil

    Perhatikan juga kapan kamu membeli mobil, lebih baik belilah mobil di akhir bulan. Hal ini dikarenakan adanya deadline dalam penjualan mobil berada di akhir bulan. Negosiasi yang dilakukan di masa deadline biasanya menguntungkanmu karena kamu akan mendapatkan harga yang rendah.
  3. Kebutuhan

    Belilah mobil karena benar-benar butuh. Jangan sampai beli mobil hanya karena gengsi. Ingat, membeli mobil berarti membuka peluang pengeluaranmu, yang mana kamu harus siap mengeluarkan biaya perawatan mobil, bahan bakar, parkir yang lebih mahal, biaya tol, dan lain sebagainya.
Membeli mobil baru atau mobil bekas sama-sama memiliki segi keuntungan dan kelemahan. Mobil baru tentunya lebih terjaga dari mobil bekas. Namun, kerugiannya ada pada penyusutan harga, dimana ketika kamu keluar dealer meskipun baru saja membelinya, mobil tersebut sudah termasuk mobil second. Harga jual tentu akan turun.

Sedangkan mobil bekas, tentunya lebih murah. Namun, kamu harus siap bertanggung jawab atas biaya perawatan yang tinggi, karena mesin mobil tua biasanya harus sering dilakukan perawatan.

Sudah memutuskan membeli mobil baru atau bekas?
Manakah yang Lebih Untung, Membeli Mobil Baru atau Bekas? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top