Monday, January 9, 2017

MasyaAllah, Pendiri Universitas Tertua di Dunia ini adalah Seorang Muslimah!

Setiap orang mendambakan pendidikan yang tinggi. Dan tentu, mereka akan memilih universitas-universitas favorit yang berkualitas untuk melanjutkan pendidikannya. Katakanlah Oxford, Harvard, atau Al Azhar.

Meskipun itu semua merupakan universitas besar dan favorit di dunia, namun ternyata sejarah universitas tertua bukan dari sana. Melainkan dari sebuah universitas di negara Maroko.
Universitas Al Qarawiyyin / Gambar via publiclibrariesonline.org

MasyaAllah, pendiri universitas tertua di dunia ini adalah seorang muslimah!

Mungkin Universitas Al Qarawiyyin, masih terdengar asing di telinga banyak orang. Tapi, universitas inilah yang pertama kali didirikan di dunia yang artinya sejarah universitas bermula dari sini. Al Qarawiyyin didirikan tahun 859 M di kota Fes, Maroko. Dan hebatnya, pendirinya adalah seorang muslimah bernama Fatimah Al Fihri.

Fatimah Al Fihri sendiri merupakan anak dari saudagar kaya Tunisia yang tinggal di Fes. Selain membangun kampus, Fatimah juga membangun perpustakaan tertua dan masih dapat dikunjungi hingga sekarang. Namun perpustakaan ini merupakan hasil restorasi dari Aziza Chaouni agar tetap kokoh berdiri.

Yang membuat perpustakan Universitas Al Qarawiyyin ini istimewa adalah koleksi buku yang ada di sana. Koleksi buku di sini tidak dapat ditemui di perpustakaan manapun atau di tempat manapun, bahkan Al Qur'an di abad 9 pun masih tersimpan dengan baik di perpustakaan ini.

Selain Al Qur'an dan buku-buku, perpustakaan ini juga menyimpan naskah dan tulisan tertua milik Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan menjadi sumber ilmu bagu para pakar sejarah di seluruh dunia.

Universitas Al Qarawiyyin adalah contoh bagaimana Islam menggabungkan spiritual dengan pendidikan dan Islam tidak terpisah dari kehidupan. Dan ini membuktikan bahwa wanita muslimah itu tidaklah lemah, melainkan wanita-wanita terhormat yang dapat memajukan pendidikan dunia.
MasyaAllah, Pendiri Universitas Tertua di Dunia ini adalah Seorang Muslimah! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top